Comscore Tracker

1 Orang Pedagang Pasar Kebun Bunga Palembang Positif COVID-19

PD Pasar Palembang akan tutup Pasar Kebun Bunga

Palembang, IDN Times - Pasien positif di Sumatera Selatan (Sumsel) bertambah 26 orang hari ini, Kamis (28/5). Satu di antaranya merupakan pedagang di pasar Kebun Bunga Palembang. Pedagang itu sudah dikarantina di Wisma Atlet, Jakabaring Sport City (JSC).

"Hasil swab-nya baru keluar kemarin. Pasien ini tidak memiliki penyakit penyerta dan dalam kondisi sehat, atau orang tanpa gejala (OTG)," ungkap Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang, Fauziah kepada IDN Times, Kamis (28/5). 

1. Pedagang pasar Kebun Bunga pernah kontak dengan pasien positif

1 Orang Pedagang Pasar Kebun Bunga Palembang Positif COVID-19Pedagang Pasar Kebon Semai Sekip Palembang mengikuti swab test pasca meninggalnya satu rekan mereka suspect COVID-19. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Dari hasil tracing diketahui jika pedagang pasar itu pernah kontak dengan pasien positif COVID-19. Dirinya masuk dalam daftar pemeriksaan swab di puskesmas Kebun Bunga beberapa hari lalu.

"Saat ini pihak Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Kota Palembang terus melakukan tracing di pasar Kebun Bunga, untuk mengantisipasi sebaran virus," ujar dia.

Baca Juga: Harnojoyo Evaluasi Pasar Pasca Pedagang Suspect COVID-19 Meninggal

2. Gugus tugas Palembang sudah lakukan rapid terhadap pedagang pasar lainnya

1 Orang Pedagang Pasar Kebun Bunga Palembang Positif COVID-19Ilustrasi rapid test. IDN Times/Mia Amalia

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Palembang lainnya, Yudhi mengatakan, pihaknya fokus pada tracing para pedagang di pasar Kebun Bunga Palembang.

Hingga Kamis (28/5), pihaknya telah memeriksa 135 pedagang sejak Selasa (26/5) lalu. Seluruh orang terkait ikut diperiksa, mulai dari kepala pasar, tukang parkir, petugas keamanan, dan petugas kebersihan pasar.

Pada Rabu (27/5) kemarin, pihaknya kembali memeriksa 28 pedagang dengan hasil reaktif empat orang, dan pada hari ini ada 88 orang pedagang dengan hasil reaktif mencapai 21 orang.

"Sudah tiga hari kita lakukan pemeriksaan. Besok adalah hari terakhir kita lakukan rapid test," jelas dia.

3. Sebanyak 26 pedagang reaktif rapid bakal ikuti tes swab pekan depan

1 Orang Pedagang Pasar Kebun Bunga Palembang Positif COVID-19Ilustrasi pasien tes swab (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Gugus Tugas Palembang berencana melaksanakan swab terhadap 26 orang yang reaktif rapid. Gugus tugas akan mengambil sampel swab pekan depan. Pihaknya kata Yudhi ingin hasil pasti pada semua pedagang pasar Kebun Bunga.

"Semuanya yang reaktif akan kita ajukan swab paling lambat Selasa atau Rabu pekan depan, bersama tim PKM Sekip Palembang," tegas dia.

Baca Juga: Palembang Tertinggi COVID-19, Harnojoyo Sebut Warga Siap New Normal

4. Palembang akan gelar rapid massal di 43 pasar

1 Orang Pedagang Pasar Kebun Bunga Palembang Positif COVID-19Ilustrasi pasien tes swab (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Direktur Utama PD Pasar Palembang Djaya, Abdul Rizal saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya akan melaksanakan rapid massa setelah dua pasar di Palembang, Kebon Semai Sekip dan Kebun Bunga, terindikasi menjadi tempat penyebaran COVID-19.

PD Pasar Palembang akan melakukan rapid secara acak di 18 pasar di bawah pengelolaan pemerintah daerah, dan 25 pasar swasta lainnya.

"Kita agendakan tes acak dulu ke seluruh pedagang, sekitar 10-20 pedagang per pasar. Seperti di Pasar Lemabang akan rapid tes diadakan Kodam II/Sriwijaya. Memang di sana belum ada yang positif, tapi kita cek untuk menghilangkan kekhawatiran," tandas dia

Baca Juga: Periksa 8.000 Sampel COVID-19, Herman Deru Tak Kaget Sumsel 868 Kasus

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya