Zona Merah di Palembang Tak Hentikan Antusias Warga Berolahraga

Suasana keramaian di Kambang Iwak Palembang

Palembang, IDN Times - Status risiko Kota Palembang yang kembali di tingkat bahaya atau zona merah, ternyata tak menjadi halangan bagi masyarakat tetap berolahraga di ruang terbuka, Kambang Iwak Family Park, Jalan Talang Semut.

Kawasan yang tak jauh dari Rumah Dinas Wali Kota (Wako) Palembang itu selalu ramai dikunjungi warga Palembang di akhir pekan. Kambang Iwak yang dikelilingi banyak pohon rimbun dan kolam besar di tengahnya itu, menjadi satu di antara kawasan peninggalan Belanda dan menjadi spot favorit masyarakat.

1. Kasus terkonfirmasi mencapai 6.426 orang

Zona Merah di Palembang Tak Hentikan Antusias Warga BerolahragaPeta risiko COVID-19 Palembang dalam zona merah (IDN Times/Dokumen)

Padahal berdasarkan data terakhir pada Sabtu (23/1/2020), kasus terkonfirmasi di Bumi Sriwijaya menyentuh angka 6.426 orang dengan penambahan 47 pasien aktif dari hari sebelumnya, Jumat (22/1/2020). Sedangkan pasien meninggal sudah mencapai 300 kasus.

"Tetapi angka kesembuhan kita juga naik dibandingkan data sebelumnya, total yang sehat ada 4.983 orang ada penambahan 33 orang," kata Juru Bicara Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang, Yudhi Setiawan, Minggu (24/1/2021).

Baca Juga: Dokter Meninggal Usai Vaksinasi, ini Penyebab Sebenarnya

2. Kondisi Kambang Iwak dipadati aktivitas masyarakat

Zona Merah di Palembang Tak Hentikan Antusias Warga BerolahragaKepadatan di Kambang Iwak Family Park, Talang Semut Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Pantauan IDN Times di lapangan, masyarakat Palembang memadati Kambang Iwak dengan beragam aktivitas. Sejumlah warga ada yang memilih bersepeda, dan sebagian lainnya berolahraga lari maupun senam pagi.

Tak hanya itu, di sekitaran lokasi banyak para pedagang kaki lima menjajakan produk dan varian kuliner. Kendati kondisi lokasi ramai, namun tampak masyarakat tetap mengenakan masker.

3. Ahli Epidemiologi Sumsel sebut COVID-19 paling bahaya bagi pasien komorbit

Zona Merah di Palembang Tak Hentikan Antusias Warga BerolahragaKepadatan di Kambang Iwak Family Park, Talang Semut Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menanggapi status zona merah dan kepadatan di taman kota, Ahli Epidemiologi Sumatra Selatan (Sumsel) mengingatkan kesadaran diri masyarakat. Berbicara soal logika COVID-19, menurut dia hal yang paling penting adalah yakin dalam keadaan sehat.

"Penyebaran virus ini luar biasa, tetapi bahayanya tidak. Maksudnya bagi yang memang imunitasnya kuat. Persentase kesembuhan COVID-19 mencapai 80 persen untuk mereka yang tidak komorbit (memiliki penyakit penyerta)," jelas dia.

Namun yang membuat khawatir adalah bagi kasus terkonfirmasi yang ternyata orang tanpa gejala atau OTG. Mereka tidak mengetahui jika terpapar COVID-19, kemudian menularkan kepada orang dengan komorbit.

"Kasus ini tidak lebih besar dari HIV, Influenza dan TBC. Tetapi kalau sudah kena ke yang (pasien) yang berat, dampaknya sulit masuk ke fase membaik," tandas dia.

Baca Juga: Sinergitas Vaksinasi COVID-19: Penerapan 3M dan 3T Tekan Kurva Epidemi

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya