PSBB di Jakarta Tak Hambat Pengiriman Logistik dari Palembang

Perusahaan jasa pastikan operasional tetap normal

Palembang, IDN Times - Pengetatan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta yang mulai berlaku hari ini, Senin (14/9/2020), tidak memengaruhi proses pengiriman paket dan logistik dari Palembang. Perusahaan jasa pun memastikan operasional tetap berjalan normal.

"Jasa pengiriman menjadi salah satu pengecualian beroperasi, atau bisa beroperasi dengan izin khusus karena sifatnya layanan, jadi tidak terlalu ada hambatan," ujar Branch Manager JNE Palembang, Muhammad Daud, Senin (14/9/2020).

1. JNE ikuti perubahan kebijakan

PSBB di Jakarta Tak Hambat Pengiriman Logistik dari PalembangDok. JNE

Pihaknya menyebut, belum ada informasi lanjutan dari pusat mengenai larangan atau pembatasan pengiriman paket saat PSBB berlangsung. Sehingga, perusahaan layanan jasa tetap bisa beroperasi aktif seperti biasa.

"Kalau ada perubahan pasti kami ikuti," katanya.

Baca Juga: Bolu Motif Songket Bikinan UMKM Palembang Unik Ini Tarik Minat Pembeli

2. JNE tak batasi pengiriman barang

PSBB di Jakarta Tak Hambat Pengiriman Logistik dari PalembangIlustrasi pengiriman barang di perusahaan layanan jasa (IDN Times/JNE)

Kendati demikian, menurut Daud, melihat penerapan PSBB sebelumnya, walau layanan pengantaran paket masih berjalan. Namun, ada sedikit kesulitan ketika mengantar barang ke kantor. Sebab sebagian karyawan yang bekerja di kantor beralih bertugas dari rumah.

"Kami (JNE) sempat menerapkan kebijakan tidak membatasi jenis dan jumlah kiriman. Tapi ke konsumen kami jelaskan kalau pengiriman di beberapa kota kena lockdown. Karena ekpdisi tidak menjamin paket yang dikirim khususnya makanan tidak rusak," terang dia.

3. Omzet JNE sempat anjlok 50 persen

PSBB di Jakarta Tak Hambat Pengiriman Logistik dari PalembangIji lustrasi pengiriman paket di ekspidisi JNE (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Berkaca dari PSBB di Jakarta beberapa waktu lalu, JNE sempat terdampak penurunan omzet hingga 50 persen. Karena pada awal pandemik COVID- 19 banyak UMKM tak lagi berproduksi, sehingga permintaan pengiriman paket merosot.

"Anjlok jadi, padahal selama ini UMKM ini cukup besar menyumbang omzet jasa kurir," tambahnya.

4. TIKI Palembang dan PT Pos Indonesia juga pastikan operasional tetap berjalan

PSBB di Jakarta Tak Hambat Pengiriman Logistik dari PalembangIlustrasi pengiriman paket di ekspidisi JNE (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Komisaris Titipan Kilat (TIKI) Palembang, Haris Jumadi melanjutkan, pihaknya sudah membuat surat edaran yang disebar ke semua cabang dan kantor layanan TIKI. Dalam surat itu disebutkan, pihaknya tak menjanjikan waktu pengiriman dan pengantaran ke DKI Jakarta akan sampai sesuai jadwal.

"Pengumuman ini dibuat agar bisa diteruskan ke pelanggan, sehingga mereka bisa paham dan tidak komplain. Tidak ada batasan barang yang dikirim, hanya saja waktunya tidak bisa dipastikan tapi akan dimaksimalkan tepat waktu," jelas dia.

Kepala Kantor Pos besar Merdeka, Risdayati menambahkan, PT Pos Indonesia tidak menerapkan aturan dan ketentuan khusus terkait pengiriman paket ke DKI Jakarta. Sebab layanan jasa pengiriman merupakan salah satu bidang usaha yang dikecualikan.

"Layanan tetap berjalan normal meski PSBB," tandas dia.

Baca Juga: Begini Ketentuan Penumpang dan Maskapai Selama Pengetatan PSBB Jakarta

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya