Comscore Tracker

Pemkot Palembang Tambah 1 Kolam Retensi di Poligon

Sudah ada 44 kolam retensi yang tersebar di sejumlah tempat

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menambah kolam retensi sebagai upaya pencegahan banjir. Kolam retensi baru dibuat di kawasan Poligon, Bukit Besar.

"Terbaru kita sedang membuat kolam retensi di daerah Poligon," ujar Kepala Dinas Pengerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Palembang, Ahmad Bastari Yusak, Minggu (20/6/2021).

1. Kolam retensi bakal dibuat di lahan seluas 2 hektar

Pemkot Palembang Tambah 1 Kolam Retensi di PoligonSuasana kota Palembang di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) saat corona mewabah (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ia menjelaskan, penambahan kolam retensi di Poligon masuk sebagai program Sungai Sekanak Lambidaro, atau proyek bantuan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Kementerian PUPR.

"Lahan seluas dua hektar yang berlokasi di Kecamatan Gandus tengah dikerjakan dan ditargetkan rampung Desember 2021," kata dia.

Baca Juga: HUT ke-1.388 Tahun, Banjir dan Macet Menjadi PR Palembang

2. Kolam retensi membantu mengurangi potensi banjir

Pemkot Palembang Tambah 1 Kolam Retensi di PoligonIlustrasi Pemkot Palembang, tinjau pembangunan infrastruktur di Palembang (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Dalam progres pengerjaan kolam retensi di Poligon, proyek pembangunan satu paket dengan restorasi Sungai Sekanak Lambidaro dalam tahap ground breaking, dengan proses pembebasan lahan yang telah terlaksana sejak 2019 lalu.

"Kolam retensi ini akan berfungsi membantu mengurangi potensi banjir di kawasan Bukit Baru, Bukit Lama, dan Poligon," timpalnya.

3. Rampungkan box culvert drainase di lokasi rawan banjir

Pemkot Palembang Tambah 1 Kolam Retensi di PoligonKepala Dinas Pengerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Palembang, Ahmad Bastari Yusak (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Bastari melanjutkan, jumlah kolam retensi Palembang sudah mencapai 44 titik. Pihaknya juga telah merampungkan pemasangan Box Culvert pada drainase di lokasi rawan banjir.

"Ada 43 kolam retensi, satu lagi tahap pengerjaan. Setelah di kawasan Jalan Basuki Rahmat, yang terbaru pemasangan box culvert di kawasan Simpang Kades," tandas dia.

Baca Juga: Miris, Venue Skateboard Standar Internasional di Palembang Jadi Kolam

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya