Comscore Tracker

Pemkot Palembang Segera Bangun Dermaga di Sungai Sekanak Lambidaro

Pembangunan pasar kuliner mulai dilakukan pada bulan Maret

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang terus mengejar target membenahi Sungai Sekanak Lambidaro agar bisa rampung pada 2021 mendatang. Selain merevitalisasi, pemkot juga membangun pasar kuliner seperti dermaga pempek.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Palembang, Ahmad Bastari Yusak mengatakan, pihaknya tengah melakukan proses pengerjaan secara bertahap satu per satu. Terlebih Sungai Sekanak Lambidaro ini memiliki panjang 10 km.

"Mulai dari aliran sungai di samping Kantor Wali Kota Palembang sampai ke Jalan Angkatan 45. Tetapi fokusnya pada spot utama dulu di samping Kantor Wali Kota, yang ada penambahan pot-pot bunga, air mancur dan jembatan. Kita juga lagi mendesain bagian yang ada pelampung dan dermaga pasar kuliner khusus Pempek. Makanya harus benar-benar bersih. Maret mungkin selesai," katanya, Rabu (26/2).

1. Bantaran sungai Sekanak Lambidaro bakal dikunjungi BBWS

Pemkot Palembang Segera Bangun Dermaga di Sungai Sekanak LambidaroPenampakan Sungai Sekanak Lambidaro Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Bastari mengungkapkan, setelah proses desain dermaga pasar kuliner direalisasikan, dalam waktu dekat pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) akan mengunjungi bantaran sungai dan kembali melanjutkan tender restorasi.

"Kita sudah mengukur dermaga sebesar apa, karena kita juga memperhitung perahu untuk melintas dari Merdeka sampai Transmart. Maret juga BBWS melakukan peninjauan, sekaligus bersama-sama menyelesaikan pembebasan lahan di kawasan Sekanak yang tinggal 9 persil lagi dari 140 persil," ungkap dia.

2. Dermaga pempek Sungai Sekanak bermuara di lokasi 26 ilir

Pemkot Palembang Segera Bangun Dermaga di Sungai Sekanak LambidaroAliran Sungai Sekanak Lambidaro Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Bastari menerangkan, untuk pembangunan dermaga pempek, pihaknya juga menyiapkan rencana lain, dengan hanya memfasilitasi transportasi tanpa menyiapkan tempat berjualan di sisi Sungai Sekanak Lambidaro.

"Ada dua rencana pembangunan dermaga, pertama memang kita bangun di sisi Sungai, kedua hanya sarana saja. Jadi semua tempat makan memang muaranya di 26 ilir. Kita lakukan ini karena melihat kondisi kebersihan air juga, takutnya makanan jadi tidak higienis," terang dia.

3. Masalah sampah masih jadi catatan realisasi Sungai Sekanak Lambidaro

Pemkot Palembang Segera Bangun Dermaga di Sungai Sekanak LambidaroAliran Sungai Sekanak Lambidaro Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Bastari mengungkapkan, masih ada beberapa catatan yang harus diselesaikan, khususnya masalah sampah pada saat air Sungai Musi pasang. Sampah tersebut terbawa hingga ke aliran anak sungai, termasuk ke Sungai Sekanak Lambidaro.

"Artinya masih butuh saringan, agar sampah rumah tangga tak sampai ke kawasan destinasi wisata ini, ditambah sebagian warga belum menyadari kebersihan," ungkapnya.

Baca Juga: Pemkot Palembang Siap Bangun RTH di Bantaran Sungai Sekanak 24 Ilir

4. Sepanjang aliran Sungai Sekanak Palembang dibangun spot berbeda

Pemkot Palembang Segera Bangun Dermaga di Sungai Sekanak LambidaroAliran Sungai Sekanak Lambidaro Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Agar banyak inovasi dan terwujudnya impian Palembang jadi destinasi Venesia dari Timur, Bastari melanjutkan, sepanjang aliran Sungai Sekanak akan di bangun beberapa spot berbeda.

"Bagi yang ingin mengunjungi, ada lokasi-lokasi tertentu. Misal yang di Merdeka khusus spot selfie dengan banyak aksesoris taman, kemudian di spot lain untuk menikmati makanan, atau bisa juga ada yang mancing. Jadi benar-benar banyak areanya, tidak monoton sungai-sungai seperti itu saja," tandas dia.

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya