Pemkot Palembang Sediakan 15 Titik Parkir Sepeda di Rute Khusus

Dilengkapi atap dan besi pembatas untuk mengunci sepeda juga

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menyediakan 15 titik tempat parkir sepeda di rute khusus. Pengadaan area tersebut dilakukan pihaknya sebagai bentuk perhatian terhadap komunitas dan masyarakat yang hobi berolahraga.

"Tempat parkir tersebar di tiga rute khusus bersepeda, kami menyiapkannya agar publik makin nyaman," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang, Agus Rizal, Sabtu (9/1/2021).

1. Kawasan Merdeka dan Jakabaring sudah siap area parkir sepeda

Pemkot Palembang Sediakan 15 Titik Parkir Sepeda di Rute KhususIlustrasi Rantai Sepeda (IDN Times/Dwi Agustiar)

Tempat parkir yang didesain seperti area perhentian sepeda pada umumnya, terdapat besi sebagai pembatas antara sepeda satu dan lainnya serta disediakan stan pengait untuk mengunci. Pemilik sepeda bisa merasa lebih aman jika parkir di sana.

"Yang sudah siap ada di kawasan Jalan Merdeka, Jakabaring, Kapten A Rivai, dan POM IX," kata dia.

Baca Juga: Rute Khusus Sepeda Bakal Tersedia di Palembang, Komunitas: Hore!

2. Area parkir sepeda sudah dilengkapi atap

Pemkot Palembang Sediakan 15 Titik Parkir Sepeda di Rute KhususSuasana kota Palembang di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) saat corona mewabah (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain aman dan dijamin kenyamanannya, tempat parkir sepeda yang disiapkan Pemkot Palembang juga memiliki struktur bangunan besi yang kuat dengan cat biru khas Dinas Perhubungan. Serta terpampang tulisan penanda Tempat Parkir Sepeda.

"Namanya Bicycle Parking Area yang sudah kita lengkapi atap," timpalnya.

3. Tempat parkir sepeda di Palembang dibuat menggunakan anggaran Kemenhub

Pemkot Palembang Sediakan 15 Titik Parkir Sepeda di Rute KhususIlustrasi bersepeda (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Kendati tempat parkir tersebut disediakan oleh Pemkot Palembang, namun menurut Agus anggaran yang dikeluarkan untuk membangun area parking itu bersumber dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tahun 2020.

"Anggaran ini meliputi salur sepeda yaitu pembuatan marka Kambang Iwak (KI)-Benteng Kuto Besak (BKB) dan Jakabaring, pemasangan 34 titik rambu, dan termasuk parkir sepeda di 15 tempat," jelas dia.

4. Minta lokasi parkir sepeda tetap terawat

Pemkot Palembang Sediakan 15 Titik Parkir Sepeda di Rute KhususJembatan Ampera di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Agus berharap, tempat parkir sepeda di Palembang bisa dimanfaatkan masyarakat dengan baik dan publik dapat menjaga serta merawatnya secara maksimal. Sebab katanya, beberapa warga Palembang ada yang suka merusak fasilitas umum tanpa alasan jelas.

"Sepeda ini banyak digemari selama pandemik COVID-19. Mudah-mudahan ke depan bisa tetap kokoh, karena banyak manfaat positifnya terutama keamanan," tandas dia.

Baca Juga: Jangan Lewatkan! Ini 7 Latihan Kekuatan Terpenting untuk Pesepeda

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya