Comscore Tracker

Pasar Terapung di Palembang Usung Tema Darussalam 

Pasar Apung Darussalam diklaim lebih bagus dari Bandung

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mematangkan wacana pembangunan pasar terapung di Sungai Musi, kawasan Jembatan Musi II, Kecamatan Gandus. Nantinya, pasar terapung akan mengusung tema Darussalam.

"Konsepnya nanti harus ciri khas Palembang, dan tentunya menggunakan perahu," ujar Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Palembang, Raimon Lauri, Rabu (29/9/2021).

1. Pemkot Palembang segera menyelesaikan desain Pasar Terapung Darussalam

Pasar Terapung di Palembang Usung Tema Darussalam Ilustrasi situasi aktivitas kota Palembang di pinggiran Sungai Musi bawah Jembatan Ampera (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Pasar terapung di Palembang diharap bisa menghidupkan kembali aktivitas Sungai Musi tanpa harus mengganggu transportasi air. Dalam pembangunan pasar terapung, Pemkot Palembang bekerja sama Balai Sungai Nasional.

"Pasar ini nantinya akan mengakomodir para pedagang pasar kalangan di bawah Jembatan Musi II," kata dia.

Pemkot Palembang masih membutuhkan waktu untuk menyempurnakan desain yang pas untuk menyesuaikan lokasi, serta berkoordinasi dengan pedagang maupun pembeli di sekitaran Kecamatan Gandus. "Yang penting sekarang menyelesaikan desainnya dulu," timpalnya.

Baca Juga: Palembang Bakal Punya Pasar Terapung, Berpotensi Jadi Wisata Sungai

2. Pembangunan Pasat Terapung melalui pematangan lahan dan desain

Pasar Terapung di Palembang Usung Tema Darussalam Wali Kota (Wako) Palembang Harnojoyo (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo menambahkan, wacana pasar terapung sudah dalam kesepakatan dengan pihak konsultan. Setelah itu, ada dua tahapan lanjutan yakni pematangan lahan dan konsep.

"Tahap pertama kawasan pasar terapung akan dibersihkan supaya tidak mengganggu pembangunan. Tahap kedua, akan dibentuk tim pematangan desain dan ditargetkan kelar tahun depan," tambah dia.

3. Pemkot Palembang sebut pembangunan Pasar Apung Darussalam lebih bagus dari Floating Market di Bandung

Pasar Terapung di Palembang Usung Tema Darussalam Ilustrasi pasar terapung (instagram.com/indtravel.com)

Pemkot Palembang juga berencana mengedepankan gaya tradisional ciri khas Palembang, namun dikemas modern yang dilengkapi tempat ibadah. Kemudian terkait konstruksi pembangunan akan menyesuaikan pasang surut Sungai Musi.

Menurut dia, desain Pasar Apung Darussalam diklaim lebih bagus dan indah dibandingkan Floating Market yang ada di Bandung. Soal pendanaan, Harnojoyo memastikan pihaknya akan mendapat bantuan dari Kementerian, Pemprov Sumsel, dan Coorporate Social Responsibility (CSR) BUMN di Palembang.

"Yang penting desainnya dulu dibuat biar mereka tahu konsepnya," tegasnya.

4. Pasar Apung Darussalam direncanakan buka hingga malam hari

Pasar Terapung di Palembang Usung Tema Darussalam Suasana kota Palembang di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) saat corona mewabah (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Harnojoyo mengungkapkan, ada sekitar 70 pedagang kalangan yang setiap hari berjualan di bawah Jembatan Musi II Palembang. Bahkan pada saat libur, pedagang pasar kalangan meningkat hingga 300 orang.

Ke depan, pihaknya berencana membuka Pasar Apung Darussalam sampai malam hari. Apalagi daerah tersebut menjadi pintu masuk di Palembang, ditambah komplek perkantoran Pemprov Sumsel.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan Balai Sungai 8 dan KSOP pada awal rencana pembangunan, karena mereka selaku pemegang wilayah perairan," tandas dia.

Baca Juga: Sumsel Mulai Pemutihan Pajak Kendaraan Lagi Mulai 1 Oktober 2021

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya