Comscore Tracker

Kelulusan Tes SKB CPNS 2019 Diumumkan 30 Oktober 2020

Peserta yang lulus bisa mendapat NIP di November 2020

Palembang, IDN Times - Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2020 yang mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada September lalu, bakal mengetahui hasilny tanggal 30 Oktober mendatang. Badan Kepegawaian Negara (BKN) Wilayah Regional VII Palembang masih menghitung skor kelulusan.

"Hasil SKB memiliki bobot penilaian 60 persen, sementara nilai tes Standar Kompetensi Dasar (SKD) berbobot 40 persen. Bagi peserta yang lulus semua, skor akan digabung dari kedua tes tersebut," kata Kepala BKN Wilayah Regional VII Palembang, Agus Setiadi, Minggu (18/9/2020).

1. CPNS yang lolos segera menerima NIP bulan November

Kelulusan Tes SKB CPNS 2019 Diumumkan 30 Oktober 2020Suasana pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 seleksi kompetensi dasar (SKD) di Kampus Institut Teknologi Sumatera 2 Februari 2020 lalu. (IDN Times/Istimewa)

Agus menjelaskan, para peserta yang dinyatakan lulus nantinya langsung menerima Nomor Induk Pegawai (NIP) paling cepat satu bulan setelah kelulusan diumumkan.

"Atau tepatnya pada 30 November, karena secara resmi 30 Oktober yang lulus SKB sudah diumumkan," jelas dia.

Baca Juga: SKB ASN Netral di Pilkada 2020 Ditandatangani via Virtual

2. Skor nilai ditampilkan secara live di media sosial

Kelulusan Tes SKB CPNS 2019 Diumumkan 30 Oktober 2020Ilustrasi tes CPNS di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Bagi peserta yang ingin menghitung skor secara manual, sambung Agus, CPNS bisa mendata pengumuman nilai SKD dan SKB dari hasil tes yang telah dilakukan. Karena usai mereka menyelesaikan soal, skor bisa keluar secara langsung melalui media sosial (medsos).

"Hal ini dilakukan untuk transparansi dalam melihat skor para peserta tes. Dengan adanya siaran secara live, artinya keluarga atau peserta tes bisa melihat secara langsung lulus atau tidak tanpa perlu datang lagi ke kantor BKN," tambahnya.

3. BKN belum memastikan seleksi CPNS tahun ini

Kelulusan Tes SKB CPNS 2019 Diumumkan 30 Oktober 2020Ilustrasi tes CPNS (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Agus menuturkan, pengumuman hasil SKB secara live merupakan intruksi dari BKN pusat. Hal tersebut diterapkan sebagai komitmen BKN untuk menunjukkan konsistensi dalam hal transparansi.

"Bukti kita fair. Menyoal ada atau tidaknya lowongan CPNS tahun ini, kami juga belum tahu. Sebab belum ada info dari pusat, apalagi pembagian NIP akan berlangsung November," tandas dia.

Baca Juga: Setahun Menunggu, 766 CPNS Palembang Akhirnya Dilantik

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya