Comscore Tracker

Fitrianti Agustinda Klaim Kawasan Kumuh Palembang Berkurang 50 Persen

Berhasil lewat Program KotaKu

Palembang, IDN Times - Sejak tahun 2014-2018 Kota Palembang memiliki 59 titik Kawasan kumuh yang tersebar di semua sudut kota.

Dengan kurun waktu empat  tahun berjalan, Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang, Fitrianti Agustinda mengatakan, saat ini kawasan kumuh di Palembang sudah berkurang mencapai 50 persen.

Baca Juga: Pemkot Palembang Larang Pelajar SD - SMP Pakai Jas, Ini Alasannya

1. Seluruh Lurah diberikan pelatihan

Fitrianti Agustinda Klaim Kawasan Kumuh Palembang Berkurang 50 Persen

Fitrianti Agustinda menjelaskan, selain adanya bantuan masyarakat Palembang, berkurangnya kawasan kumuh di Kota Pempek ini karena berhasilnya program Kota tanpa Kumuh (KotaKu).

"Untuk cluster yang memiliki lokasi kawasan kumuh, setiap Lurah daerah tersebut kita berikan pelatihan. Tahun ini sudah terlihat keberhasilannya," jelasnya, usai membuka Pelatihan Cluster Lurah Program KotaKu Palembang 2019 di ruang Parameswara, Jumat (28/6).

2. Kawasan kumuh tercatat dalam pemetaan kementrian

Fitrianti Agustinda Klaim Kawasan Kumuh Palembang Berkurang 50 PersenHumas Pemkot Palembang

Wanita kerap disapa Finda itu mengungkapkan, Program KotaKu sudah tercatat dan ada dalam pemetaan dari Kementerian. 

"Dari 59 titik yang disepakati termasuk lingkungan kumuh dan dari tahun 2014 sampai tahun 2018, memang sudah ada pengurangan sekitar 50 persen. Memang ada kriteria-kriterianya kawasan itu dan Alhamdulillah setiap tahun berkurang," ungkapnya.

3. Masalah anggaran jadi alasan lambahnya penanganan kawasan kumuh

Fitrianti Agustinda Klaim Kawasan Kumuh Palembang Berkurang 50 PersenIDN Times/Feny Maulia Agustin

Karena masih banyak yang harus dituntaskan, sambung Finda, jadi penanganannya harus bertahap, karena adanya keterbatasan anggaran. 

"Jadi kita alokasikan kepada lingkungan-lingkungan yang betul-betul masih dalam arti kumuh yang membutuhkan perhatian Pemerintah Kota Palembang," sambungnya.

Baca Juga: Kurang Perhatian, Palembang Butuh Penyelamat Cagar Budaya

4. Pemkot Palembang targetkan 2019 kawasan kumuh berkurang menjadi 70 persen

Fitrianti Agustinda Klaim Kawasan Kumuh Palembang Berkurang 50 PersenHumas Pemkot Palembang

Sementara, Kepala Bappeda & Litbang Kota Palembang, Harrey Hadi mengatakan, sebelum tahun 2019 berakhir pihaknya menargetkan kawasan kumuh akan berkurang hingga 70 persen.

"Pengentasan masalah lingkungan kumuh ini akan menghasilkan dampak yang lebih besar dan tidak hanya 50 persen saja, karena sejak tahun 2014-2018 sudah banyak yang dilakukan Pemkot Palembang bersama program KotaKu. Target pengentasan sampai 2019 diupayakan kawasan kumuh berkurang sampai 70 persen," ujarnya seraya menandaskan, harus terus didorong dan diawasi agar pengerjaan-pengerjaannya bisa sesuai dengan apa yang diharapkan.

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya