CJH Non Lansia di Sumsel Belum Terima Vaksinasi COVID-19

Vaksinasi baru menyasar CJH berusia lanjut

Palembang, IDN Times - Vaksinasi COVID-19 di Sumatra Selatan (Sumsel) masih terus berjalan. Berdasarkan data penerima, Calon Jemaah Haji (CJH) juga berhak mendapatkan vaksinasi.

"Sesuai syarat dari Arab Saudi, semua CJH pasti kami vaksin. Sementara vaksin CJH lansia sedang berjalan, namun kategori di luar lansia belum kami laksanakan," ujar Kasi Pelayanan Kesehatan Rujukan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel, Ifan Fahriansyah, kepada IDN Times, Kamis (1/4/2021).

1. Sudah ada 1.742 CJH lansia di Sumsel terima vaksinasi COVID-19

CJH Non Lansia di Sumsel Belum Terima Vaksinasi COVID-19ANTARA FOTO/Arnas Padda

Hasil pendataan dalam sepekan terakhir, penerima vaksinasi COVID-19 bagi CJH di Sumsel sudah lebih dari seribu orang, dengan total CJH khusus lansia sebanyak dua ribu lebih berasal dari kabupaten dan kota di Sumsel.

"Terhitung per Maret sudah 1.742 CJH lansia yang divaksin, dari sekitar 2.000-an CJH lansia saja," kata dia.

Baca Juga: Pandemik COVID-19 Bikin Biaya Haji 2021 Membengkak

2. Pastikan semua CJH di Sumsel terima vaksinasi COVID-19

CJH Non Lansia di Sumsel Belum Terima Vaksinasi COVID-19Petugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19. ANTARA FOTO/Jojon

Ifan menjelaskan, Dinkes Sumsel masih memprioritaskan golongan masyarakat utama dari 11 kelompok untuk vaksinasi. Meliputi pelayan publik, tenaga kesehatan, dan masyarakat lansia.

"Namun secara menyeluruh, para calon jemaah haji akan bergantian menerima jadwal vaksin," timpalnya.

3. Masih tunggu arahan pemerintah

CJH Non Lansia di Sumsel Belum Terima Vaksinasi COVID-19Petugas kesehatan memberikan pengarahan kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020) (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Sementara CJH non lansia, Dinkes Sumsel akan segera menyasar vaksinasi yang telah disediakan. Tinggal menunggu waktu, kesempatan, dan arahan, dari pemerintah daerah setempat.

"Kami masih menunggu arahan pemerintah kapan vaksinasi dilaksanakan. Kalau lansia pasti banyak yang menjadi calon jemaah haji, tinggal bergabung saja walau tidak ada kelompok khusus. Yang bukan lansia nanti tunggu saja pasti ada," tandas dia.

Baca Juga: 7 Ribu CJH di Sumsel Bakal Terima Vaksinasi COVID-19

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya