Comscore Tracker

Buka 5 Jalur Pendaftaran, UIN Raden Fatah Palembang Terima 4.500 Maba

Dari lima jalur seleksi

Palembang, IDN Times - Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang menerima 4.500 mahasiswa baru atau maba melalui lima jalur penerimaan. Yakni Seleksi Nasional Masuk bersama Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama (SBMPTN), SPAN PTKIN, UM PTKIN, dan Jalur Mandiri.

Kepala Biro Adminitrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama (Kabiro AAKK) UIN Raden Fatah Palembang, Mirwan Fasta mengatakan, jalur UM PTKIN sudah selesai dilaksanakan hari ini, Kamis (6/8/2020).

"UM PTKIN merupakan jalur keempat calon mahasiswa UIN. Jalur ini dari Kementerian Agama (Kemenag). Kami menerima 4.500 maba dan tersebar di sembilan fakultas UIN," kata dia, Kamis (6/8/2020).

1. Dalam empat sesi diikuti 1.000 calon mahasiswa

Buka 5 Jalur Pendaftaran, UIN Raden Fatah Palembang Terima 4.500 MabaPenjual bendera merah putih di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ujian dilaksanakan dalam empat sesi, dan setiap sesi diikuti hampir 1.000 calon mahasiswa. Peserta diberikan waktu selama 1 jam untuk login hingga mengisi soal.

"Tahun ini secara daring (tes), dengan persiapan yang telah dikomunikasikan oleh panitia pusat, termasuk antisipasi masalah," ujarnya.

Baca Juga: 5.671 Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang Terima Subsidi UKT Rp1 Juta

2. Nilai rapor jadi penunjang seleksi penerimaan tes

Buka 5 Jalur Pendaftaran, UIN Raden Fatah Palembang Terima 4.500 MabaSuasana wisuda UIN Raden Fatah Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Fasta menerangkan, setelah pengumuman nanti maka mahasiswa wajib melakukan registrasi. Apabila ada yang tidak registrasi, mereka dianggap gugur dan kuotanya beralih ke maba selanjutnya atau jalur lainnya.

Menurutnya, proses seleksi juga dinilai dari rapor. Sebelumnya, mereka mengunggah nilai kelas X sampai kelas XII ke dalam sistem, sehingga menjadi nilai tambah dari tes UM PTKIN.

"Tapi ada nilai pembanding lain, bukan hanya tes ini saja. Untuk pengumumannya diprediksi akhir Agustus, namun untuk tanggalnya belum ada kepastian," terang dia.

3. Fakultas Ekonomi Bisnis Islam jadi favorit pilihan calon maba

Buka 5 Jalur Pendaftaran, UIN Raden Fatah Palembang Terima 4.500 MabaUniversitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang (IDN Times/Istimewa)

Secara umum, peminat tertinggi di tiap jurusan memiliki segmen masing-masing. Ia mencontohkan, bila calon mahasiswa lulusan dari pesantren maka umumnya memilih program studi (prodi) keagamaan. Namun bila calon mahasiwa lulusan SMA cenderung memilih prodi umum

"Namun yang banyak diminati biasanya Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) dengan tiga prodinya seperti Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah serta Zakat dan Wakaf," tambahnya.

4. Menyediakan sesi khusus bagi peserta ujian yang terhambat sinyal

Buka 5 Jalur Pendaftaran, UIN Raden Fatah Palembang Terima 4.500 MabaKampus UIN RF Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Pengawas UM PTKIN UIN RF Palembang, Arnuhuzaimah melanjutkan, bagi calon mahasiswa yang mengalami kendala seperti sinyal atau gagal login, maka calon mahasiswa dapat melaporkannya kepada panitia, sehingga akan dicatat untuk tes ulang.

"Banyak calon mahasiswa kita dari daerah dengan jangkauan internet yang susah. Besok saja masih ada sesi lanjutan bagi calon mahasiswa yang terkendala, sebab kesalahan ini bukan dari mereka maka diberi kesempatan lagi," jelasnya.

Baca Juga: UIN Raden Fatah Palembang Drop Out 300 Mahasiswa Selama 2019

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya