5 SMP Unggulan di Palembang Buka PPDB Online Lebih Awal

Orangtua di Palembang diminta mendaftar sebelum 20 April

Palembang, IDN Times - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Palembang, Ahmad Zulinto, mengumumkan sudah ada lima sekolah negeri unggulan tingkat SMP atau sederajat yang membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

"Lima sekolah telah membuka PPDB secara online. Sekolah ini lebih awal menerima siswa karena masuk dalam daftar sekolah percontohan," ujarnya, Rabu (13/4/2022).

1. Pendaftaran PPDB di sekolah percontohan Palembang sudah dibuka sejak 12 April 2022

5 SMP Unggulan di Palembang Buka PPDB Online Lebih AwalKepala Dinas Pendidikan (Disdik) Palembang, Ahmad Zulinto (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kelima sekolah unggulan tersebut adalah Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1, SMP Negeri 8, SMP Negeri 9, SMP Negeri 10, dan SMP Negeri 15 Palembang. Pendaftaran PPDB online akan ditutup pada 20 April 2022.

"PPDB online untuk SMP sudah dibuka sejak kemarin (12/4/2022) hingga sepekan ke depan," kata dia.

Baca Juga: Siswa Peserta Ujian PPDB di SMA Wajib Tunjukkan Hasil PCR

2. PPDB SMP di Palembang masih membuka empat jalur

5 SMP Unggulan di Palembang Buka PPDB Online Lebih AwalSiswa-siswi SMP Gotong Royong saat menjalani proses KBM sebelum pandemik COVID-19. Dok: istimewa

Zulinto menerangkan, PPDB tahun ini tidak dilaksanakan secara serentak atau berbeda dari tahun sebelumnya. Namun jalur yang dibuka tetap sama seperti sebelumnya.

"Dalam PPDB masih menggunakan jalur sama yakni zonasi, afirmasi, prestasi, dan perpindahan tugas orangtua," terangnya.

Melalui keempat jalur itu, nantinya sekolah akan menerima calon siswa baru dengan pembagian kuota masing-masing jalur penerimaan. Lalu ada satu jalur tambahan jika jumlah siswa belum terpenuhi dari keempat jalur sebelumnya 

"Lewat empat jalur akan kita terima dengan kuota tertentu, dan jalur satu lagi akan ada jalur tes jika peserta didik tidak lulus atau di luar jalur zonasi," timpal dia.

Baca Juga: SMA di Palembang Buka PPDB Jalur Hafiz Al-Qur'an

3. Peserta PPDB di luar jalur zonasi harus memiliki nilai rata-rata 84

5 SMP Unggulan di Palembang Buka PPDB Online Lebih AwalKetua PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) Palembang, Ahmad Zulinto (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Berdasarkan syarat dan ketentuan, jalur PPDB di luar zonasi harus memenuhi nilai rata-rata 84 untuk mata pelajaran IPA, Matematika, dan Bahasa Indonesia mulai dari kelas 4, 5, dan 6 SD.

Zonasi adalah jalur yang disediakan bagi peserta didik yang telah tinggal dalam satu zona selama minimal satu tahun. Sedangkan jalur afirmasi disediakan bagi peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu.

"Kalau perpindahan tugas orangtua disediakan ketika lokasi pekerjaan orangtua berpindah, dan prestasi merupakan jalur peserta yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik," jelasnya.

4. Peserta didik hanya diperbolehkan mendaftar satu sekolah dengan satu jalur

5 SMP Unggulan di Palembang Buka PPDB Online Lebih AwalIlustrasi siswa. (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Bagi calon peserta didik yang ingin mendaftar kelima sekolah percontohan itu, mereka diminta mengisi data lewat situs ppdbpalembang.com. Sedangkan untuk jalur sekolah reguler, pendaftaran PPDB dijadwalkan dibuka 30 Mei sampai 4 Juni 2022.

"Calon siswa hanya bisa mendaftar dengan memilih satu sekolah dan melalui satu jalur pendaftaran," tambah dia.

Baca Juga: Minat Seragam Sekolah Turun, Pedagang Bikin Brosur Promosi ke Sekolah

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya