273 Jemaah Haji Kloter Palembang Tiba Perdana di Bandara SMB II

Sebagian jemaah wajib antigen sebagai sampel pemeriksaan

Palembang, IDN Times - Jemaah haji kloter Palembang mulai tiba perdana di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang. Maskapai penerbangan dari Saudi Arabia tiba di Bumi Sriwijaya, Senin (1/8/2022) sekitar pukul 17:00 WIB.

"Jemaah haji kloter pertama ini semuanya ada 273 orang, dengan tambahan pendamping penyelenggara haji ada 177 orang. Total debarkasi Palembang ada 450 orang," ujar Eksekutif General Manager Bandara SMB II Palembang, R Iwan Winata melalui siaran pers yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Keluarga Diminta Tak Jemput Jemaah Haji di Bandara SMB II Palembang

1. Uji klinis kesehatan seluruh jemaah haji

273 Jemaah Haji Kloter Palembang Tiba Perdana di Bandara SMB IISuasana Haji (Youtube.com/Makkah Live - Hajj 2020)

Semua jemaah haji yang tiba di Bandara SMB II Palembang langsung diantar menuju Asrama Haji, untuk diperiksa kesehatan sebagai upaya menekan penyebaran COVID-19 dari luar Indonesia.

"Semua jemaah haji yang datang akan dilakukan tes antigen 100 persen sesuai Surat Edaran Dirjen Kementerian Kesehatan," kata dia.

Baca Juga: 148 Jemaah Haji Asal OKU Tiba di Palembang 8 Agustus 2022

2. Pemeriksaan kesehatan jemaah haji dibantu petugas KKP

273 Jemaah Haji Kloter Palembang Tiba Perdana di Bandara SMB IIIlustrasi jemaah haji (Youtube.com/Makkah Live - Hajj 2020)

Mekanisme pemeriksaan kesehatan dilakukan dengan memeriksa suhu tubuh dan tes antigen. Semua pemeriksaan jemaah dibantu petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Namun uji klinis antigen di bandara, hanya sebagian jemaah yang diperiksa sebagai sampel.

"Sebelumnya 10 persen saja yang dites sebagai sampel, kemudian dilanjutkan mewajibkan 100 persen di Asrama Haji untuk antigen," timpalnya.

3. Kedatangan jemaah haji di Bandara SMB II Palembang hingga 12 Agustus 2022

273 Jemaah Haji Kloter Palembang Tiba Perdana di Bandara SMB IISuasana Jamaah Haji di depan Ka'bah, Masjidil Haram, Makkah (IDN Times/Umi Kalsum)

Kedatangan jemaah haji asal Palembang di Bandara SMB II berlangsung hingga 12 Agustus 2022. Seluruh jemaah dari sembilan kelompok penerbangan (kloter) termasuk dari kabupaten dan kota lain di Sumsel.

"Kami juga mengimbau agar keluarga tidak menjemput di bandara, karena penjemputan akan dilakukan oleh masing-masing KBIH hemaah menuju Asrama Haji untuk diperiksa," tandas dia.

Baca Juga: Jemaah Haji Palembang Tiba 1 Agustus, Wajib Ikut Skrining Kesehatan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya