Comscore Tracker

2 Pompa Portabel Diklaim Sukses Atasi Banjir Palembang

Proses pengaliran air dari jalan memakan waktu 4-6 jam

Palembang, IDN Times - Cuaca ekstrem dan hujan deras yang melanda Palembang dalam dia hari terakhir, mengakibatkan sepanjang Jalan Angkatan 66, Jalan R Soekamto, hingga kawasan Kenten.

Petugas Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VIII menyiagakan dua unit mesin pompa portabel mengatasi banjir di Palembang. Tindakan itu disebut sukses mempercepat genangan air berkurang.

1. Pompa portabel ditempatkan di aliran sungai

2 Pompa Portabel Diklaim Sukses Atasi Banjir PalembangPalembang dikepung banjir (IDN Times/Istimewa)

Menurut Kepala Bidang Operasi Pemeliharaan BBWSS VIII, Arlinsyah, penempatan dua unit mesin pompa mempercepat penanggulangan banjir di jalan protokol Palembang.

"Masing-masing unit disiagakan di pintu aliran Sungai Bendung (Jalan R Soekamto) dan pintu aliran Sungai Sei Sedapat (Jalan Rajawali). Hasilnya, ketinggian banjir berkurang," ujarnya, Kamis (6/10/2022).

2. Air sungai meluap disebut sebagai pemicu

2 Pompa Portabel Diklaim Sukses Atasi Banjir PalembangPalembang siagakan pompa portabel menanggulangi banjir (IDN Times/Dok. PUPR Palembang)

Banjir di sepanjang Jalan Angkatan 66, Jalan R Soekamto, hingga kawasan Kenten Palembang, disebut terjadi karena terdapat aliran anak sungai di sekitar daerah itu. Banjir yang terdampak cukup parah dengan ketinggian mencapai 15-20 sentimeter.

"Banjir tersebut akibat aliran sungai meluap pasca hujan pada Rabu malam hingga Kamis pagi," kata dia.

3. Air dipompa selama 4-6 jam

2 Pompa Portabel Diklaim Sukses Atasi Banjir PalembangBanjir di Palembang mulai surut (IDN Times/Istimewa)

Pengadaan dua unit mesin pompa membantu petugas untuk menanggulangi banjir, selain berfungsi pengaliran air ke saluran pembuangan dari jalan sejak pukul 06.00 WIB. Proses pengaliran air itu memakan waktu 4-6 jam, sampai air di ruas jalan benar-benar kering.

"Proses pengaliran memakan waktu karena setiap unit mesin pompa berkemampuan menyedot debit air sebanyak 250 liter per detik, atau tidak sepadan dengan kondisi banjir di lapangan," jelasnya.

4. Dua unit mesin pompa portable selalu siaga

2 Pompa Portabel Diklaim Sukses Atasi Banjir PalembangPalembang siagakan pompa portabel menanggulangi banjir (IDN Times/Dok. PUPR Palembang)

Berdasarkan pantauan di lapangan, lokasi air tergenang di sepanjang Jalan R Soekamto mencapai ketinggian 15 sentimeter, dan menggenang sepanjang 400 meter dari ruas Jalan Angkatan 66 sampai Jalan Basuki Rahmat.

"Kami pastikan semua upaya penanggulangan berjalan dengan baik. Petugas dan dua mesin ini disiagakan hingga waktu yang tidak ditentukan. Kita berharap mudah-mudahan malam ini tidak kembali diguyur hujan yang akan mempersulit keadaan," tandas dia

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya