TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pelabuhan dan Bandara Sumsel Dikhawatirkan Jadi Pintu Masuk Virus

Penumpang turun 70 persen setelah berlaku PPKM Darurat

Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) 2 Palembang. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Palembang, IDN Times - Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palembang, Nur Purwoko mengungkapkan, penyebaran COVID-19 perlu diwaspadai karena intensitas orang bepergian dari satu wilayah ke wilayah lain.

"Penularannya semakin mudah, rasanya pintu masuk pelabuhan dan bandara berisiko membawa virus dari luar. Bisa menempel di badan, atau barang-barang yang dibawa oleh penumpang," ungkap Nur Purwoko, Selasa (6/7/2021).

Baca Juga: Bandara SMB II Palembang Vaksinasi Penumpang dan Masyarakat

1. Aturan baru wajib PCR dan Vaksin

Situasi di Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Istimewa)

Nur Purwoko menjelaskan, pihaknya tetap melakukan pemeriksaan secara intensif. Pemeriksaan itu dikhususkan bagi masyarakat yang akan keluar atau masuk Sumsel dari pelabuhan maupun Bandara.

Beberapa aturan baru bagi pelaku perjalanan telah dikeluarkan oleh Kemenhub sebagai penanggung jawab, dan memastikan masyarakat yang bepergian untuk melakukan tes PCR ataupun sudah vaksinasi minimal tahap pertama.

"PCR dan vaksinasi pertama menjadi syarat wajib baru bagi masyarakat yang akan bepergian. Teknisnya masih sama, kita melakukan skrining yang tepat," jelas dia.

2. Antigen hanya berlaku di luar Pulau Jawa dan Bali

Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara SMB II Tommy Ariesdianto (IDN Times/Rangga Erfizal)

Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara SMB II Palembang, Tommy Ariesdianto mengatakan, sejauh ini pihaknya telah mewajibkan PCR dan vaksin sebagai syarat perjalanan bagi mereka yang akan bepergian ke Pulau Jawa ataupun Bali.

Sejauh ini juga, penggunaan GeNose sebagai alat periksa dan syarat penerbangan akhirnya dicabut setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa dan Bali.

"Saat ini antigen masih bisa digunakan untuk masyarakat yang akan bepergian selain ke Pulau Jawa dan Bali. Sedangkan untuk vaksinasi sendiri sudah bisa di Bandara SMB II Palembang," ungkap dia.

Baca Juga: Dinkes Palembang Belum Terima Laporan RS Kekurangan Oksigen

Berita Terkini Lainnya