Padang Jadi Kota Kelima Terbaik Menikmati Hari Tua, Kok Bisa?

Padang juga posisi kelima Kota Wisata Terbaik di Indonesia

Padang, IDN Times - Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar), Yudi Indrasyani, menyebut bahwa kota Padang menjadi kota terbaik kelima untuk berwisata. Padang juga dinobatkan sebagai tempat terbaik untuk menikmati hari tua berdasarkan hasil survei yang dilakukan Goodstats.

"Padang menjadi destinasi favorit, di mana ada 28 persen dari responden yang menyatakan hal tersebut. Survei ini dilakukan Goodstats," kata Yudi, Senin (10/7/2023).

Baca Juga: Hamil Duluan, 195 Remaja Mengajukan Dispensasi Menikah

1. Tingkatkan kualitas pelayanan

Padang Jadi Kota Kelima Terbaik Menikmati Hari Tua, Kok Bisa?Ilustrasi pelayanan publik. ANTARA FOTO/Feny Selly

Yudi bilang, hasil survei yang dilakukan Goodstats bakal menjadi pelecut semangat pihaknya memberikan pelayanan kepada pelaku wisata. Ia berharap kota Padang akan lebih disukai oleh wisatawan lokal maupun mancanegara ke depan.

Menurutnya, Padang diminati sebagai tempat untuk melepas lelah, menikmati keindahan alam, termasuk tempat untuk menikmati masa pensiun.

"Tentunya kita bersyukur atas capaian ini, akan menjadi motivasi dan semangat agar lebih giat untuk mendorong para stakeholder pariwisata Kota Padang agar lebih meningkatkan kualitas dan layanan pariwisata," ujarnya.

Baca Juga: Wanita di Muba Nyaris Dibunuh Suami Usai Dianiaya dengan Pisau

2. Mayoritas responden berada di Pulau jawa

Padang Jadi Kota Kelima Terbaik Menikmati Hari Tua, Kok Bisa?Ilustrasi responden (IDN Times/Aditya Pratama)

Dijelaskan Yudi, survei yang dilakukan Goodstats itu dilakukan terhadap 300 responden mayoritas berada di Pulau Jawa. Responden terbanyak diisi oleh Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, dan DI Yogyakarta sebanyak 64,8 persen. Sisanya 35,2 persen diisi responden dari luar Pulau Jawa.

"Survei ini dilakukan November hingga Desember 2022. Mayoritas responden adalah berjenis kelamin laki-laki (62,1 persen), sedangkan sisanya berjenis kelamin perempuan (37,9 persen)," kata Yudi.

3. Yogyakarta berada di peringkat pertama

Padang Jadi Kota Kelima Terbaik Menikmati Hari Tua, Kok Bisa?Ilustrasi Suasana Yogyakarta (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Berdasarkan data kata Yudi Indrasyani, Kota Padang menduduki posisi ke-5 dengan hasil 28 persen yang memilihnya pada kategori Kota Terbaik untuk Wisata. Pada peringkat pertama survei, Kota terbaik untuk Wisata adalah Yogyakarta yang dipilih 71 persen responden. Kemudian, berturut-turut peringkat kedua hingga keempat adalah Denpasar (70 persen), Bandung (52 persen), dan Malang (33 persen).

Sedangkan untuk kategori Kota terbaik untuk menikmati masa tua, Padang juga menduduki posisi ke-5 dengan hasil pilihan dari 26 persen responden. Posisi pertama hingga keempat adalah Yogyakarta (51 persen), Bandung (40 persen), Solo (38 persen) dan Malang (33 persen).

Baca Juga: Unand Berhentikan 2 Mahasiswa Tersandung Kasus Pelecehan Seksual

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya