Bandara SMB II Palembang Vaksinasi Penumpang dan Masyarakat

Vaksinasi dibuka sampai 20 Juli dari pukul 8-12.00 WIB

Palembang, IDN Times - Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II) Palembang membuka vaksinasi center mulai hari ini, Senin (5/7/2021) hingga 20 Juli mendatang. Program vaksinasi di bandara menjadi persyaratan bagi masyarakat yang hendak bepergian selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa dan Bali.

"Penumpang bandara diwajibkan melakukan vaksinasi dan kemudian ditambah dengan tes Polymarese Chain Reaction (PCR) sebagai syarat wajib," ungkap Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara SMB II Palembang, Tommy Ariesdianto, Senin (5/7/2021).

1. SMB II sediakan vaksinasi center hingga 20 Juli mendatang

Bandara SMB II Palembang Vaksinasi Penumpang dan MasyarakatVaksinasi penumpang di Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Pihak bandara SMB II Palembang mendapat alokasi vaksin sebanyak 400 dosis yang dibagi dalam dua hari. Alokasi vaksin tersebut berasal dari Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palembang.

"Kami mengupayakan bandara menjadi vaksinasi center, karena kami ada fasilitas yang siap untuk membantu menyukseskan vaksinasi masyarakat," jelas dia.

Baca Juga: Pembatasan Jam Malam di Palembang Efektif Cegah Kerumunan

2. Vaksinasi dibatasi hingga pukul 12 siang

Bandara SMB II Palembang Vaksinasi Penumpang dan MasyarakatVaksinasi penumpang di Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Tommy menjelaskan, pihaknya masih menunggu tambahan stok vaksin dari Dinas Kesehatan (Dinkes) agar proses vaksinasi dapat terus berjalan. Menurutnya, vaksinasi di bandara terbuka bagi masyarakat umum. Hanya saja mereka membatasi kuota vaksin harian lantaran stok vaksin yang masih sedikit.

"Vaksinasi di bandara buka dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB, tergantung jumlah ketersediaan vaksin. Selain itu, kita membatasi vaksinasi harian agar tidak membeludak dan menjadi kerumunan," ungkap dia.

3. Masyarakat masuk sasaran TNI AU

Bandara SMB II Palembang Vaksinasi Penumpang dan MasyarakatVaksinasi penumpang di Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Komandan Pangkalan TNI AU Sri Mulyono Herlambang Palembang, Kolonel Penerbang Hermawan Widhianto menjelaskan, pihaknya mendapat alokasi sekitar 10.000 dosis di wilayah Sumsel.

"Sasaran kita yang vaksin adalah masyarakat dan penumpang yang akan bepergian melalui bandara SMB II Palembang," ujar dia.

4. Tunggu vaksin tambahan dari pemerintah

Bandara SMB II Palembang Vaksinasi Penumpang dan MasyarakatIlustrasi vaksin COVID-19 buatan Sinovac (Dokumentasi Sinovac)

Menurut Hermawan, pihaknya bakal terus menambah dosis di vaksinasi center hingga tanggal 20 Juli mendatang. Jika alokasi vaksin tidak tersendat, maka pihaknya dapat mengalokasikan sekitar 50-100 dosis vaksin dalam sehari di Bandara SMB II.

"Selama masih ada kuota silakan datang ke bandara. Jika dropping cepat, kita juga akan cepat menyalurkan vaksin," tutup dia..

Baca Juga: Alokasi Dana COVID-19 di Sumsel Mencapai Rp199 Miliar

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya