TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Begal di Palembang, Langsung Teriak Tobat Setelah Ditangkap

Sasaran begal tersangka adalah perempuan dan anak-anak

Tersangka Untung (26) saat diamankan di Polrestabes Palembang (IDN Times/Istimewa)

Palembang, IDN Times - Aksi kawanan begal di kota Palembang yang kerap meresahkan terkulai tak berdaya, usai dilumpukan aparat Kepolisian Resort Kota Besar (Polrestabes) Palembang dengan timah panas, Jumat (15/5) malam. 

Tersangka Untung (26) harus berjalan terseok dan menahan sakit saat dibawa petugas untuk diperiksa. Bahkan pelaku ini beberapa kali berteriak dirinya ingin bertobat. "Tobat aku pak, kapok. Kalau keluar nanti itu lah yang aku ingin, tobat," ujar tersangka Untung, Sabtu (16/5).

Baca Juga: Longsor Kembali Landa OKU Selatan, 1 Warga Gunung Gare Meninggal

1. Tersangka pilih target perempuan dan anak

Ilustrasi jambret (IDN Times/Arief Rahmat)

Dalam menjalankan aksinya, tersangka kerap menyasar perempuan dan anak-anak yang tengah berjalan sendiri atau lengah. Untung biasanya mengambil barang milik korban seperti handphone, ataupun tas korban yang berisi barang berharga.

"Hasil dari penjualan aku pakai untuk makan harian dan memenuhi kebutuhan hidup. Kadang juga untuk membelikan baju pacar saya, tetapi sekarang dia sudah kawin dengan cowok lain pak," curhat Untung sambil menyesal.

2. Tersangka keliling Palembang cari korban

Ilustrasi begal. IDN Times

Untung bersama rekannya rela berkeliling kota Palembang mencari mangsa yang bisa dibegal. Area nya pun luas mulai dari Seberang Ulu di kawasan Plaju, hingga Seberang Ilir di kawasan Demang. Tercatat sudah sepuluh kali Untung beraksi. Dari hasil begalnya itu, tersangka menjual kepada siapa saja yang mau menampung barang jarahan minimal Rp500.000.

"Selama satu tahun ini aku banyak sembunyi pak, setelah aman baru keluar. Aku sembunyi di Perumnas Sako, atau Talang Keramat tempat keluarga," jelas dia.

Baca Juga: PSBB Palembang, Apindo Minta Pemkot Rumuskan Aturan yang Jelas

Berita Terkini Lainnya