Longsor di Kuburan Suku Koto Ana Padang, Muncul Jenazah Terbalut Kafan

Belum diketahui berapa banyak kuburan yang hancur

Padang, IDN Times - Curah hujan tinggi yang terjadi sejak malam tadi memicu gerakan tanah alias longsor. Pandam perkuburan milik Suku Koto Anau di bukit kawasan Seberang Padang, Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar), dilaporkan rusak. Sejumlah jenazah yang masih terbungkus kain kafan muncul di antara material longsor.

"Ada pandam perkuburan di sana yang rusak akibat longsor. Dari foto dan video beredar, beberapa jenazah nampak tergeletak," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Rumainur, Jumat (13/7/2023)

Baca Juga: Banjir Kepung Kota Padang, 12 Kecamatan Masih Terendam Air

1. Proses evakuasi dilakukan

Longsor di Kuburan Suku Koto Ana Padang, Muncul Jenazah Terbalut KafanKondisi jenazah terdampak longsor di Padang. Doc. IDN Times

Menurut Rumainur, petugas masih berupaya mengevakuasi jenazah yang keluar dari kubur akibat longsor tersebut. Belum diketahui berapa total jenazah yang terdampak.

"Evakuasi sedang berlangsung," ujar Rumainur

Baca Juga: Warga Mentawai Tahan Ribuan Kubik Kayu dari Tanah Ulayat

2. Banjir terjang lima wilayah

Longsor di Kuburan Suku Koto Ana Padang, Muncul Jenazah Terbalut KafanIlustrasi banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Berdasarkan catatan sementara kata Rumainur, lima wilayah di Sumbar yakni Padang, Pariaman, Pesisir Selatan, Agam, dan Kabupaten Pasaman Barat, telah dilanda banjir. Tim penyelamat dari BPBD masih mengevakuasi warga yang terjebak.

"Kalau berapa rumah warga yang terdampak, masih kita hitung, namun diperkirakan jumlahnya mencapai ribuan," ujar Rumainur.

3. Hujan masih berpotensi tinggi

Longsor di Kuburan Suku Koto Ana Padang, Muncul Jenazah Terbalut KafanIlustrasi Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

Prakirawan BMKG Sumbar merilis, peringatan dini cuaca masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di Kabupaten Pesisir Selatan, Batang Kapas, Iv Jurai, Bayang, Koto Xi Tarusan, Sutera, Iv Nagari Bayang Utara, dan Kota Padang.

Hujan juga berpotensi meluas hingga ke Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Solok, Kabupaten Kepulauan Mentawai, dan Kabupaten Dharmasraya.

Baca Juga: Peselancar Terkenal Asal Amerika Tewas Digulung Ombak Mentawai  

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya