Banjir Kepung Kota Padang, 12 Kecamatan Masih Terendam Air

Padang Pariaman dan Agam juga terendam banjir

Padang, IDN Times - Tingginya curah hujan sejak Kamis (13/7/2023) malam memicu bencana hidrometeorologi basah yakni banjir di kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar). Genangan air merendam permukiman warga dan sejumlah fasilitas umum di Kecamatan Padang Timur, Padang Barat, Padang Utara, Kuranji, Nanggalo, Koto Tangah.

Menurut data yang diterima, banjir juga meluas hingga Kecamatan Padang Selatan, Bungus Teluk Kabung, Lubuk Begalung, Lubuk Kilangan, Pauh. Tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang masih berjibaku mengevakuasi warga yang masih terjebak.

Baca Juga: Ramai Warga Palembang Mengeluh Kualitas Air PDAM Keruh

1. Sediakan tempat evakuasi

Banjir Kepung Kota Padang, 12 Kecamatan Masih Terendam AirProses evakuasi korban banjir di kota Padang. Doc. IDN Times

Wakil Wali Kota (Wawako) Padang, Ekos Albar, memastikan penanganan awal sudah dilakukan. Tim dari BPBD Padang sudah terjun ke titik-titik banjir untuk mengevakuasi warga. Ia pun mengimbau warga yang membutuhkan bantuan agar segera melapor.

"Kami sudah turun meninjau dan melakukan proses evakuasi. Banjir ini disebabkan tingginya curah hujan yang terjadi sejak malam tadi," kata Ekos Albar, Jumat (14/7/2023).

Baca Juga: Warga Mentawai Tahan Ribuan Kubik Kayu dari Tanah Ulayat

2. Padang Pariaman dan Agam juga banjir

Banjir Kepung Kota Padang, 12 Kecamatan Masih Terendam AirIlustrasi banjir (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur menyebutkan, banjir juga melanda wilayah Kabupaten Padang Pariaman dan Agam.

Bahkan kata Rumainur , Jorong Pantas, Nagari Koto Malintang, Agam, dikabarkan ada dua orang yang tertimbun longsor. Proses evakuasi masih berlangsung.

3. Hujan masih berpotensi tinggi

Banjir Kepung Kota Padang, 12 Kecamatan Masih Terendam AirIlustrasi Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

Prakirawan BMKG Sumbar merilis peringatan dini cuaca masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di Kabupaten Pesisir Selatan, Batang Kapas, Iv Jurai, Bayang, Koto Xi Tarusan, Sutera, Iv Nagari Bayang Utara, dan Kota Padang.

Hujan juga berpotensi meluas hingga ke Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Solok, Kabupaten Kepulauan Mentawai, dan Kabupaten Dharmasraya.

Baca Juga: Virus Rabies Mulai Serang 3 Daerah di Sumbar

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya