Warga Banyuasin Tangkap Buaya Muara Sepanjang 3,65 Meter dari Parit

Evakuasi berlangsung sekitar 10 jam oleh tim gabungan

Banyuasin, IDN Times - Seekor buaya muara sepanjang 3,65 meter berhasil ditangkap tim gabungan yang terdiri dari BKSDA, anggota Polsek Muara Padang, anggota Babinsa serta, warga Desa Giliran, Kecamatan Muara Sugihan, Kabupaten Banyuasin, Selasa (11/7/2023) sekitar pukul 23.52 WIB.

Buaya tersebut sempat meresahkan warga. Keresahan terjadi sejak awal Juni 2023, ketika buaya itu sering terlihat masuk ke kolam tambak dan memakan ikan. Hewan liar itu juga mendekati rumah dengan naik ke jalan. Warga sekitar terutama anak anak sering kali menjadikan hewan buaya itu sebagai tontonan terutama pada pukul 17.00 WIB hingga 04.00 WIB.

Baca Juga: Pria di Banyuasin Tewas Diterkam Buaya Muara Saat Menjaring Udang

1. Buaya diperkirakan masuk dari muara sungai

Warga Banyuasin Tangkap Buaya Muara Sepanjang 3,65 Meter dari ParitIlustrasi buaya (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Kepala Desa Jalur Mulya, Haris menjelaskan, pihaknya membutuhkan waktu hingga 10 jam untuk menangkap buaya muara tersebut.

"Sudah diintai sejak jam 3 sore dan baru bisa ditangkap jam 12 malam. Jadi kurang lebih 10 jam diintai," ujarnya.

Menurutnya, buaya berukuran besar itu masuk dari muara sungai dan berkeliaran di persawahan serta tambak warga saat air sungai pasang. Selama sebulan terakhir, warga hanya bisa memasang spanduk imbauan agar selalu waspada saat beraktivitas.

"Alhamdulillah warga kami aman dan tidak menjadi korban keganasan buaya. Karena posisi buaya terjebak di parit kecil dan sangat jauh dari muara sungai," tuturnya.

Baca Juga: BKSDA Sumbar Bikin Aturan Atasi Konflik Buaya Berkepanjangan

2. Personil Polsek Muara Padang ikut turun evakuasi buaya

Warga Banyuasin Tangkap Buaya Muara Sepanjang 3,65 Meter dari Paritilustrasi buaya (pixabay.com/miniformat65)

Buaya yang meresahkan warga itu akan dibawa ke tempat penangkaran di Kabupaten Ogan Ilir oleh BKSDA Sumsel. 

Kapolsek Muara Padang, AKP Sugeng menambahkan, pihaknya ikut saat mengevakuasi buaya tersebut. Pihaknya mendapat laporan dari masyarakat terkait eksistensi buaya di Desa Gilirang, Kecamatan Muara Sugihan, Banyuasin. 

"Sehingga ditindaklanjuti laporan warga oleh BKSDA Sumsel, anggota Polsubsektor Muara Sugihan, Polsek Muara Padang, dan perangkat desa," katanya.

3. Buaya akan dikonservasi ke penangkaran

Warga Banyuasin Tangkap Buaya Muara Sepanjang 3,65 Meter dari ParitUnsplash/Matthew Essman

Tim gabungan akhirnya langsung bergerak untuk menangkap buaya itu di tempatnya sering muncul. Akhirnya pukul 23.52 WIB buaya muncul kembali hingga dijerat pakai tali, lalu digiring sampai naik ke darat.

"Buaya berhasil ditangkap dan diamankan menjelang tengah malam. Buayanya akan dikonservasi ke penangkaran di Ogan Ilir," tutupnya.

Baca Juga: Buaya Sepanjang 2 Meter Terjebak di Pancing Ikan Milik Warga Muba

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya