TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Kabupaten di Sumsel Putuskan Siaga Karhutla Lebih Awal

Pemprov Sumsel juga mengusulkan modifikasi cuaca lebih awal

Proses pemadaman api dikebakaran lahan (IDN Times/BPBD Sumsel)

Palembang, IDN Times - Tiga daerah di Sumatra Selatan (Sumsel) yakni Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Ogan Komering Ilir (OKI), dan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, menetapkan status siaga kebakaran hutan dan lahan (Karhurla) lebih awal untuk menghadapi potensi kemarau kering tahun ini.

Langkah ketiga daerah itu dinilai tepat agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel bisa mengambil langkah dan menentukan siaga bencana lebih cepat. Penetapan status di tingkat provinsi memerlukan tiga daerah memutuskan sikap siaga.

"Dalam waktu dekat status siaga bencana Karhutla akan direalisasikan," ungkap Kepala BPBD Sumsel, Iriansyah, Rabu (8/3/2023).

Baca Juga: Polisi Tangkap Pelaku Pembakar 1 Ha Lahan di Muara Enim

Baca Juga: 1,5 Hektare Lahan Ogan Ilir Terbakar, 2 Kejadian Karhutla Sepekan

1. Koordinasi dinilai lebih cepat setelah status siaga

Proses pemadaman api karhutla (IDN Times/BPBD Sumsel)

Iriansyah menyebut, langkah awal ini cukup penting untuk menyiapkan mitigasi bencana karhutla pada 2023. Menurutnya dengan status siaga tersebut, Pemprov Sumsel dan kabupaten maupun kota bisa bekerja sama lebih terkoordinasi.

"Upaya-upaya pencegahan dapat dilakukan dengan koordinasi bersama. Dengan begitu upaya antisipasi akan lebih cepat," jelas dia.

2. TMC akan diajukan cegah karhutla

Proses TMC di Langit Sumsel tahun 2020 (IDN Times/Rangga Erfizal)

Menurut Iriansyah lagi, kemarau kering merupakan perhatian bagi Sumsel. Pihaknya berkaca dari kejadian kemarau kering pada 2015 dan 2019 yang mengakibatkan ribuan hektare lahan terbakar hingga bencana kabut asap.

Dengan penetapan status siaga lebih cepat, diharapkan upaya mitigasi bencana dapat ditata sehingga dapat meminimalisir karhutla.

"Kita bisa siapakan sarana prasanara pemadaman lebih awal, termasuk mengajukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). Dengan adanya status ini maka pengiriman armada untuk bom aid juga bisa diproses segera," jelas dia.

Baca Juga: Sinar Mas Berupaya Dini Cegah Karhutla di Sumsel

Berita Terkini Lainnya