Comscore Tracker

Ternyata Solok Selatan Simpan Kekayaan Energi Terbarukan

Potensi Geothermal di Solok Selatan mencapai 310 megawatt

Padang, IDN Times - Direktur Panas Bumi Direktorat Jenderal EBTKE dari Kementerian ESDM, Harris, mengungkap jika Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Sumatra Barat, ternyata menyimpan kekayaan sumber daya alam yang berlimpah.

Bahkan Solok Selatan juga disebut memiliki potensi untuk mengembangkan sumber energi terbarukan. "Potensi energi terbarukan di Solok Selatan ini cukup besar. Terutama geothermal dan hidronya," kata Harris, Kamis (1/12/2022).

Baca Juga: Nagari Kamang Hilia Agam di Sumbar Didapuk Sebagai Desa Anti Korupsi

1. Sorgum Bikin Potensi Peningkatan Sumber Energi Lebih Besar

Ternyata Solok Selatan Simpan Kekayaan Energi Terbarukansorgum (pixabay.com/Vijayanarasimha)

Harris melanjutkan, program pemerintah untuk menjadikan wilayah Solok Selatan sebagai sentra sorgum secara nasional, berpotensi meningkatkan sumber energi terbarukan menjadi lebih besar.

Sorgum kata Harris selain bisa untuk sumber pangan dan pakan, juga bisa dijadikan sebagai sumber energi pengganti batu bara atau bahan bakar minyak.

"Saya senang bisa menyampaikan bahwa potensi energi terbarukan di Solok Selatan sangat besar, terutama geothermal dan hidro. Pencanangan sentra Sorgum oleh Pemkab Solsel ini tentu bisa meningkatkan sumber energi terbarukan menjadi lebih besar," katanya.

Baca Juga: Jokowi Gandeng Amerika Serikat Bangun Hilirisasi Batu Bara di Sumsel

2. Geothermal Solok Selatan mencapai 310 megawatt

Ternyata Solok Selatan Simpan Kekayaan Energi TerbarukanIlustrasi aktivitas geothermal (Burkni Palsson)

Harris melanjutkan, potensi geothermal di Solok Selatan ini mencapai 310 megawatt. Potensi ini menjadi modal yang sangat besar untuk dikembangkan lagi ke depannya.

"Ke depan kita harapkan Solok Selatan ini tidak hanya menjadi sentra sorgum, tapi juga sentra energi yang terbarukan lainnya,"kata Harris lagi.

3. Solok Selatan kaya terhadap panas bumi

Ternyata Solok Selatan Simpan Kekayaan Energi TerbarukanEnvirontmen indonesia center

Bupati Solok Selatan, Khairunas menjelaskan, wilayah yang dipimpinnya merupakan wilayah yang memiliki panas bumi dan air karena terdapat banyak sungai. Solok Selatan juga memiliki satu Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) dan tiga unit Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMh).

"Selain geothermal, daerah kami punya seribu sungai. Ada tiga pembangkit dari air dan 1 geothermal. Jadi ada 4 pembangkit," tutup Khairunas.

Baca Juga: Menengok Upaya PLN Optimalkan Minat Motor Listrik di Palembang

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya