Comscore Tracker

Rakernas Apeksi XV di Padang Momentum Kebangkitan Ekonomi Daerah  

Bakal Lebih Semarak

Padang, IDN Times - Kota Padang, Sumatra Barat menjadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke XV sekaligus tempat dihelatnya Indonesian City Expo ke-18.

Rakernas yang rencananya dihadiri banyak wali kota itu, digadang-gadangkan menjadi momentum kebangkitan ekonomi daerah di tengah pagebluk yang masih merajalela.

Diketahui, sejak dua tahun terakhir, Apeksi tidak melakukan pertemuan sekelas Rapat Kerja Nasional akibat pandemik COVID-19.

Barulah setelah pandemik mampu dikendalikan, maka tahun ini Apeksi kembali menggelar pertemuan ini. Rakernas kali ini, juga sekaligus akan meresmikan tugu Apeksi.

“Kota Padang, ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Rakernas Apeksi. Rakernas ini juga dirangkai dengan kegiatan Indonesian City Expo atau ICE 2022. Akan berlangsung selama tiga hari dimulai pada Minggu besok hingga Rabu mendatang,” kata Wali Kota Padang, Hendri Septa, Sabtu (6/9/2022).

Baca Juga: Program Pertama APEKSI 2022, Youth City Changer akan Diresmikan

1. Siap jadi tuan rumah yang baik

Rakernas Apeksi XV di Padang Momentum Kebangkitan Ekonomi Daerah  Wali Wota Padang Hendri Septa. Doc. IDN Times/Humas Pemko Padang

Hendri Septa bilang, Pemerintah Kota Padang menyampaikan terima kasih karena telah memilih Kota Padang sebagai tempat dilaksanakannya Rakernas XV dan ICE ke-18. "Sebagai tuan rumah, kami menyatakan siap menggelar hajatan besar bagi seluruh wali kota yang ada di tanah air.

“Kami akan menjadi tuan rumah yang baik. Beragam agenda sudah disiapkan. Kita akan buat lebih semarak. Pawai budaya Nusantara, ladies program, city tour dan kegiatan khusus lainnya seperti penanaman pohon di kebun Apeksi, marandang akan mewarnai Rakernas kali ini,” ujarnya.

2. Upaya meningkatkan kembali ekonomi kerakyatan

Rakernas Apeksi XV di Padang Momentum Kebangkitan Ekonomi Daerah  

Menurut Hendri Septa, selain menjadi ajang silaturahmi dan tukar pikiran antar kota di Indonesia, Rakernas Apeksi ini juga diharapkan menjadi sebuah pertemuan meningkatkan kerja sama berbagai bidang antar kota pada gilirannya menjadikan momentum peningkatan ekonomi ditengah pandemik.

“Atas nama Lemerintah Kota Padang, sekali lagi kami berterima kasih karena sudah memilih Padang sebagai tuan rumah. Kami akan bersiap diri menjadi lebih baik. Insya Allah akan meriah. Dampak positif Rakernas ini, meningkatkan kembali ekonomi kerakyatan. 

3. Membahas isu penting dan strategis

Rakernas Apeksi XV di Padang Momentum Kebangkitan Ekonomi Daerah  Wali Kota Bogor Bima Arya (IDN Times/Kevin Handoko)

Ketua Dewan Pengurus Apeksi, Bima Arya Sugianto menyebut, Rakernas merupakan agenda besar tahunan yang dihadiri seluruh anggotanya. Dalam Rakernas ini, akan membahas isu-isu penting dan strategis.

Sementara ICE 2022 diselenggarakan dalam rangkaian Rakernas ini, merupakan etalase kota-kota Indonesia dalam menampilkan pembangunan dan produk unggulannya serta.

Wali kota Bogor ini, mengapresiasi kesiapan kota Padang dalam menyelengarakan iven tersebut. Menurutnya, bakal ada beberapa hal menarik dan berbeda pada Rakernas tahun ini. Salah satunya yakni, dibangunnya tugu apeksi yang merupakan pertama kalinya di Indonesia. 

“Kita siap menggelar Rakernas. Simbol kebanggaan kita ekonomi, sinergi antar kota di Indonesia. Banyak hal baru disini. Ada tugu Apeksi yang pertama di Indonesia, pawai budaya melewati pantainya dan akan ada juga young city,” jelasnya

Baca Juga: APEKSI 2022 Momen Bobby Nasution Nostalgia di Bandar Lampung

Topic:

  • Martin Tobing
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya