Comscore Tracker

Profil Fitrianti Agustinda, Wawako Perempuan Pertama di Palembang

Fitri terpilih saat Pemilu 2018

Palembang, IDN Times - Fitrianti Agustinda atau akrab disapa Fitri dan sering dipanggil Finda merupakan politikus PDI Perjuangan kini menjabat sebagai Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang sejak tahun 2018. Ia terpilih lewat Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada). Wanita lulusan fakultas Hukum itu menjadi perempuan pertama yang memegang posisi wakil kepala daerah di Bumi Sriwijaya.

Fitri mendampingi Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo, masih melaksanakan roda pemerintahan hingga periode 2023. Selain menjadi Wawako di Kota Pempek, ia juga berperan sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) di Palembang. Bahkan perempuan kelahiran 5 Agustus 1976 ini, kini aktif mengampanyekan aspirasi wanita dan para ibu.

Sedari kecil ia menetap di Palembang. Fitri merupakan anak dari Hj. Ainun sekaligus adik kandung Almarhum Romi Herton, sosok politikus yang juga dari PDIP dan pernah menjabat Wako Palembang periode sebelumnya.

Dikenal tegas dan pemberani, istri dari Dedi Sipriyanto itu juga konsisten dalam bertindak. Fitri pun menjadi salah satu pejabat daerah di Palembang mengayomi masyarakat tanpa membedakan status. Sebelum terpilih menjadi Wawako Palembang, aktif sebagai Anggota DPRD kota.

1. Riwayat pendidikan Fitrianti Agustinda

Profil Fitrianti Agustinda, Wawako Perempuan Pertama di PalembangWawako Palembang, Fitrianti Agustinda

Fitrianti Agustinda menempuh pendidikan awal di SD Negeri 100 Palembang tahun 1982-1988 dan melanjutkan di SMP Negeri 13 Palembang tahun 1988-1991. Setelah tamat SMP, ia pun menempuh sekolah tingkat atas di SMA Negeri 2 Palembang tahun 1991 sampai 1994.

Pasca lulus dari SMA Negeri 2, adik Almarhum Romi Herton itu belajar di Universitas Muhammadiyah Palembang dan memilih fakultas hukum sebagai modal studi yang ia pelajari. Meski tak meraih predikat mahasiswi lulus tercepat, Fitri menuntaskan waktu kuliah dengan nilai baik di tahun 1999.

Baca Juga: Bandar Narkoba di Tangga Buntung Palembang Divonis 14 Tahun Penjara

2. Riwayat karier

Profil Fitrianti Agustinda, Wawako Perempuan Pertama di PalembangSituasi di atas Jembatan Ampera Kota Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Fitri pernah bekerja sebagai Karyawan PT Telkomsel selang dua tahun dirinya lulus kuliah. Fitri meniti karier di sana mulai tahun 2001 hingga 2004. Setelah tak lagi bekerja di sana, ia sempat menjadi Manager SPBU selama 10 tahun sampai tahun 2014.

Sebelum menjadi Wawako Palembang, ia dipercaya menjadi pengurus PDIP dan menjadi anggota DPRD kota selama dua tahun. Namun di tengah aktivitas Fitri menjadi anggota DPRD, ia juga dipercaya sebagai Dewan Pendidikan dan Ketua Umum PDBI.

3. Penghargaan diraih

Profil Fitrianti Agustinda, Wawako Perempuan Pertama di PalembangWakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda (IDN Times/Istimewa)

Fitri berhasil mendapatkan penghargaan di acara Festival “Gapura Cinta Negeri” tahun 2019 dalam rangka menyambut HUT Ke-74 RI. Ia menjadi pelopor penerima program dari prestasi Gapura Terbaik Kategori Umum.

Tidak hanya itu, ia juga mendapatkan penghargaan sebagai wanita penuh aspirasi dari Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kota Palembang, karena sosoknya yang rela memperjuangkan aspirasi dan hak perempuan.

4. Karier politik

Profil Fitrianti Agustinda, Wawako Perempuan Pertama di PalembangWakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Tahun 2018 pasangan Harnojoyo dan Fitrianti Agustinda berhasil menjadi pemenang dari Pilkada Wako dan Wawako Palembang. Mereka menang dengan perolehan suara sebesar 351.240 atau diangka 47,46 persen.

Kemenangan pasangan tersebut turut didukung Partai Demokrat, PAN, PDIP, PKB dan PBB. Pasca menang Pemilu 2018, mereka dilantik 18 September yang dilaksanakan di PSCC Palembang.

5. Biodata Fitrianti Agustinda

Profil Fitrianti Agustinda, Wawako Perempuan Pertama di PalembangSituasi pinggiran Sungai Musi bawah Jembatan Ampera (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Nama: Fitrianti Agustinda

Tempat dan tanggal lahir: Palembang, 5 Agustus 1976.

Agama: Islam

Pasangan: Dedi Sipriyanto

Baca Juga: Puluhan Kendaraan di Palembang Terjaring Razia Wajib Pajak 

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya