Comscore Tracker

Yuk Bikin Maksuba, Kue 15 Lapis Khas Palembang yang Melegenda

Maksubah dibuat dari telur ayam dan telur bebek

Saat lebaran tiba, beragam makanan bakal tersaji di atas meja. Seperti makanan manis hingga pedas, seperti lauk sampai kudapan. IDN Times bakal kasih tahu kalian cara bikin Maksuba, kue khas Palembang yang pasti dijumpai saat lebaran Idulfitri.

Kue maksuba bercita rasa manis dan legit. Warnanya kuning dengan garis-garis hitam di tengah, membuatnya terlihat seperti kue lapis. Bentuk garisnya yang tidak beraturan membuat kue ini menjadi unik.

Maksuba menjadi kue spesial karena biasanya menjadi sajian pada hari-hari penting, seperti momen Idulfitri atau pesta pernikahan. Kue ini termasuk hidangan yang istimewa karena sering disajikan dengan tujuan untuk menghormati para kerabat atau tamu yang datang pada hari tersebut.

Baca Juga: Cara Bikin Lapis Legit Khas Palembang, Sajian Wajib Saat Lebaran

1. Bahan dan cara membuatnya

Yuk Bikin Maksuba, Kue 15 Lapis Khas Palembang yang MelegendaCara membuat kue maksubah khas Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Dalam proses pembuatan, kue Maksuba atau kue basah Khas Palembang membutuhkan bahan pokok telur ayam dan telur bebek. Tujuannya agar adonan kue jadi lebih padat dan mengembang ketika matang.

"Selain Maksuba 15 lapis, kami juga menjajakan Engkak, kue Kojo dan kue lapis," kata Pemilik Dapur Dila Titik, Sutinah kepada IDN Times, Sabtu (23/5).

Bahan

20 butir telur ayam
10 butir telur bebek
700 gram gula pasir
100 gram butter
100 gram margarin
350 gram susu kental manis gold

Cara membuat

1. Pertama masukan telur bebek sebanyak 10 butir
2. Masukan telur ayam sebanyak 20 butir
3. Kemudian diaduk secara manual sampai ancur
4. Masukan 700 gram gula pasir
5. Diaduk kembali hingga merata
6. Disaring adonan gula dan telur
7. Setelah disaring masukan perlahan SKM kemudian diaduk kembali
8. Kemudian masukan butter dan margarin yang sudah dicairkan sebanyak 200 gram
9. Masukan adonan maksuba ke dalam loyang yang sudah dioleh dengan mentega dilapisi kertas roti kemudian diberi mentega lagi, ukuran loyang 20x20
10. Saat akan memanggang masukan adonan perlapis, lapis pertama hingga 15 lapis.
11. Dipanggang selama 3 jam pakai api atas dan api bawah sembari tes tusuk
12. Setelah matang Maksubah Khas Palembang siap dicoba.

Baca Juga: Cara Bikin Kue Nastar Buat Lebaran, Bisa Tahan Hingga 3 Bulan

2. Orderan Maksuba khas Palembang sudah sampai Pulau Jawa

Yuk Bikin Maksuba, Kue 15 Lapis Khas Palembang yang MelegendaCara membuat kue maksubah khas Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Usaha kue yang berlokasi di Jalan Slamet Riyadi Lorong Karang Kuang Darat RT 17 nomor 369 Kawasan 10 Ilir Palembang, telah berdiri sejak 12 tahun lalu dan sudah menjual hasil produksinya hingga ke Pulau Jawa.

"Biasanya banyak yang pesen lewat instagram @dapurdilatitik atau langsung WhatsApp ke 082184675020. Orderan ada yang kirim ke Padang, Bandung, Yogyakarta, Jambi, dan Jakarta. Tapi karena ini industri rumahan, kalau tidak lebaran hanya menerima pesanan kue tampah dan pempek," jelas Sutinah.

3. Maksuba dijual Rp200-Rp300 ribu

Yuk Bikin Maksuba, Kue 15 Lapis Khas Palembang yang MelegendaKue maksubah khas Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sutinah mengaku, meski para pelanggan setia masih memesan kue hasil buatannya untuk hari raya Idulfitri 1441 Hijriyah, namun pandemik COVID-19 membuat pesanan mengalami penurunan drastis hingga 50 persen.

"Tahun lalu 400 loyang habis, tahun cuma 200-an loyang. Satu loyang bahan premium harganya Rp200 ribu-Rp300 ribu, untuk kue Engkak Jola, lapis plum dan lapis keju. Sedangkan Maksuba teluar ayam dijual Rp250 sedangkan telur bebek Rp300 ribu," tandas dia.

Baca Juga: 3 Resep Ala Susi Pudjiastuti, Dari Pindang Ikan Hingga Keong Sawah

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya