Comscore Tracker

Inisiatif Hyperlocal, Cara Tokopedia Dorong UMKM Palembang Go Digital

Transaksi fesyen dan kecantian tertinggi di Kuartal II 2021

Palembang, IDN Times - Lokapasar Tokopedia mencatat kenaikan transaksi dan pertumbuhan ekonomi lewat inisiatif hyperlocal yang diluncurkan pertengahan 2020 lalu. Khusus di Palembang, transaksi paling dominan terjadi pada kategori kesehatan dan fesyen.

"Fesyen ibu dan anak, kesehatan dan perawatan diri, makanan dan minuman, serta kecantikan, merupakan kategori dengan pertumbuhan paling pesat selama Kuartal II tahun 2021 dibandingkan tahun lalu," ujar Senior Lead Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Ivander Wijaya melalui siaran pers yang diterima IDN Times, Jumat (6/8/2021).

1. Dorong pemerataan ekonomi digital di Indonesia

Inisiatif Hyperlocal, Cara Tokopedia Dorong UMKM Palembang Go DigitalSemasa di Tokopedia (Dok. Tokopedia)

Melalui inisiatif hyperlocal Tokopedia, diharapkan dapat membantu jutaan penjual di platform yang hampir 100 persen didominasi oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal. Menurutnya, Tokopedia mendorong pelaku usaha menciptakan peluang dari teknologi.

"Tujuannya agar pemerataan ekonomi secara digital terjadi di Indonesia, dan hanya bisa terwujud jika masyarakat dari seluruh penjuru punya kesempatan sama dalam menemukan berbagai produk kebutuhan," kata dia.

Baca Juga: Go Digital, Cara UMKM Tak Bangkrut dan Gulung Tikar

2. Membantu para pedagang tradisional

Inisiatif Hyperlocal, Cara Tokopedia Dorong UMKM Palembang Go Digital(Tokopedia) www.tokopedia.com

Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Emmiryzan menambahkan, pihaknya bersama pemerintah pusat dan daerah juga telah menghadirkan inisiatif Digitalisasi Pasar lewat inisiatif hyperlocal Tokopedia.

"Langkah ini untuk membantu para pedagang di pasar tradisional berbagai daerah mulai dari Tangerang, Bandung, Yogyakarta, hingga Makassar yang memanfaatkan teknologi, bisa beradaptasi di tengah pandemik," tambahnya.

Baca Juga: Ratusan UMKM di Sumsel Jadi Nasabah Bank Wakaf Mikro, Ini Syaratnya

3. Masyarakat bisa memanfaatkan inisatif hyperlocal tokopedia

Inisiatif Hyperlocal, Cara Tokopedia Dorong UMKM Palembang Go DigitalHyperlocal Tokopedia Dorong Transaksi Kesehatan & Fesyen di Palembang

Bukan saja inisiatif hyperlocal Tokopedia, pihaknya juga mempermudah masyarakat umum dengan menghadirkan TokoMart yang mengusung teknologi geo-tagging, sehingga memungkinkan masyarakat bisa mengakses produk kebutuhan sehari-hari dari penjual terdekat.

"Masyarakat bisa lebih mudah dan aman memenuhi kewajiban perpajakan lewat Tokopedia, melalui kolaborasi antara Tokopedia dengan Kemenkeu RI dan pemerintah daerah," timpal dia.

4. Penjualan di Tokopedia meningkat hingga 3 kali lipat

Inisiatif Hyperlocal, Cara Tokopedia Dorong UMKM Palembang Go DigitalHyperlocal Tokopedia Dorong Transaksi Kesehatan & Fesyen di Palembang

Menurut pelaku UMKM di Palembang, Rida Damayanti, inisiatif hyperlocal Tokopedia mendorong digitalisasi UMKM lokal kian meluas dan mempercepat transaksi. Salah satu wujud inisatif tersebut yakni Kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP).

"Sejak mengikuti program KTP Palembang di Tokopedia, penjualan meningkat pesat hingga tiga kali lipat dengan kenaikan omzet hingga mencapai 30 persen," ujar Pemilik Warung Bu Neneng.

Baca Juga: Sempat Tak Balik Modal, Pelaku UMKM Manfaatkan Teknologi 

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya