Muba Babel United Larang Pemain Latihan, Hasil Uji Swab Harus Negatif

Wajibkan cek kesehatan untuk latihan perdana

Palembang, IDN Times - Manajemen klub Muba Babel United (MBU) melarang pemain mengikuti latihan perdana, jika terbukti belum melakukan uji kesehatan COVID-19 dengan swab jelang kompetisi Liga 2 lanjutan pada Oktober 2020.

Manajer MBU, Achmad Haris mengatakan, pemeriksaan kesehatan sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19 di lapangan hijau, serta disiplin mengedepankan protokol kesehatan terhadap semua official dan tim berjuluk Laskar Ranggonang ini.

"Sesuai dengan arahan dari pembina MBU, Dodi Reza, maka mewajibkan tim untuk mengikuti proses pemeriksaan terlebih dahulu," ujarnya, Senin (3/8/2020).

1. Skuad Muba Babel United bakal tes PCR

Muba Babel United Larang Pemain Latihan, Hasil Uji Swab Harus NegatifPertandingan Muba Babel United vs Persekat Tegal di Stadion Serasan Sekate Sekayu (IDN Times/Istimewa)

Sesuai rencana, kata Haris, latihan perdana akan dimulai awal Agustus. Manajemen skuad mengharuskan pemeriksaan itu demi memastikan kenyamanan dan keamanan seluruh tim, sebelum nantinya kembali berlatih di Sekayu, Musi Banyuasin (Muba).

"Jajaran skuad mulai dari pemain, pelatih, dan official untuk melakukan Polymerase Chain Reaction (PCR)," katanya.

Baca Juga: Muba Babel United Ungkap Alasan Atep Rizal Batal Bergabung

2. Tes swab sudah menjadi standar PSSI

Muba Babel United Larang Pemain Latihan, Hasil Uji Swab Harus NegatifPertandingan Muba Babel United vs Persekat Tegal di Stadion Serasan Sekate Sekayu (IDN Times/Istimewa)

Haris menjelaskan, pemeriksaan kesehatan dengan swab merupakan bukti serius manajemen Muba Babel United dalam menghadapi kompetisi lanjutan. Apalagi, syarat tersebut sesuai dengan standar PSSI.

"Kita sudah melihat bagaimana timnas asuhan Shin Tae Yong yang menunda latihan karena belum ada hasil swab test, begitu juga tim Liga 1 Bali United yang juga menerapkan hal serupa," jelas dia.

3. Uji swab bakal dilakukan di Sekayu

Muba Babel United Larang Pemain Latihan, Hasil Uji Swab Harus NegatifManajer Muba Babel United Ahmad Haris (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan bila pemain Laskar Ranggonang bakal hadir secara bertahap. Sistemnya, di awal pekan baru akan hadir pemain domisili di Palembang dan disusul pemain lainnya.

"Kita akan melihat dulu bagaimana kondisi di tempat asalnya, tetapi bisa saja swab test tersebut dilakukan bersama di Sekayu. Kita juga menunggu arahan dari Dinas Kesehatan Muba," terang dia.

Haris melanjutkan, pihaknya berharap skuad MBU benar-benar fit dan hasil uji swab negatif dari COVID-19. "Dengan begitu kita bisa makin nyaman dan aman untuk menjalani latihan ke depannya," tandas dia.

Baca Juga: Isi Lengkap Buku Panduan Protokol Kesehatan Liga 1 dan Liga 2 2020

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya