5 Pemain Non-Italia Bergelar Serie A Terbanyak, Ada Pemain Afrika!

Pemain di luar Italia juga bisa berlaga lebih baik

Serie A merupakan kompetisi paling favorit yang ada di Benua Eropa. Rasa kompetitif di dalamnya mengundang pemain luar negeri Italia untuk datang dan berkarier di sana. Tidak heran bagaimana Serie A kedatangan pemain top dunia.

Menjelma menjadi liga terbaik di eropa, terdapat pemain Non-Italia yang ikut meramaikan persaingan. Mereka pun ikut merasakan trofi Serie A. Berikut lima pemain asing dengan trofi Seri A terbanyak.

Baca Juga: Palembang Bakal Punya Akademi Tenis Meja Berstandar Internasional

1. Stephan Lichtsteiner (7 gelar) - Swiss

5 Pemain Non-Italia Bergelar Serie A Terbanyak, Ada Pemain Afrika!Stephan Lichtsteiner (juventus.com)

Meski posisinya sebagai bek kanan, Stephan Lichtsteiner selalu tampil baik hingga mendapatkan 7 gelar liga Italia. Ia berseragam Juventus selama tujuh musim sejak 2011/2012 hingga musim 2017/2018. Selama itu pula, Lichtsteiner terhitung selalu memenangkan gelar juara di setiap musimnya.

Pemain berkebangsaan Swiss ini secara beruntun meraih juara Serie A bersama Juventus. Tercatat ia selalu menjadi andalan di setiap laga dengan 258 pertandingan pada semua kejuaraan. Namun pada Agustus 2020, Lichtsteiner memutuskan retired dan telah melanjutkan kariernya sebagai pelatih.

Baca Juga: Tak Cuma Stadion, Palembang Siapkan SDM Sambut Piala Dunia U-20

2. Martín Cáceres (6 gelar) - Uruguay

5 Pemain Non-Italia Bergelar Serie A Terbanyak, Ada Pemain Afrika!Martín Cáceres (juventus.com)

Memiliki perjalanan karier yang panjang, pemain asal Uruguay ini telah berada di puncak performanya saat di Juventus. Meski sering berganti-ganti klub antara tim Juventus dan tim lainnya, namun gelar liga domestik terbanyaknya saat menaungi Juventus.

Raihan enam kali mengangkat trofi Serie A tersebut hanya saat di Juventus. Capaian tersebut berada di musim 2011/2012-2015/2016, serta 2018/2019. Cáceres masih aktif di sepak bola profesional di umurnya yang kini 35 tahun untuk tim asal Amerika, LA Galaxy.

3. Dejan Stanković (6 gelar) - Serbia

5 Pemain Non-Italia Bergelar Serie A Terbanyak, Ada Pemain Afrika!Dejan Stanković (inter.it)

Stanković datang dengan harapan bermain bagus. Pemain berkebangsaan Serbia ini menembus klub sekelas Lazio pada musim 1998/1999. Ia meraih trofi Liga bersama Lazio hingga berlabuh ke Inter.

Pada musim keduanya di 1999/2000, ia bersama Lazio berhasil menjadi juara. Sejak kesuksesannya tersebut, Stanković direkrut Inter Milai pada musim dingin 2004. Sejak saat itu pula di musim berikutnya, ia bersama Inter secara menerus meraih gelar Serie A hingga musim 2009/2010.

4. Kwadwo Asamoah (6 gelar) - Ghana

5 Pemain Non-Italia Bergelar Serie A Terbanyak, Ada Pemain Afrika!Kwadwo Asamoah (juventus.com)

Kwadwo Asamoah baru pamit dari dunia sepak bola profesional pada musim ini, tepatnya pada 4 Oktober 2022. Ia memiliki perjalanan karier yang hebat sebagai pemain Ghana, Afrika, dan telah menjadi contoh yang baik atas kesuksesannya berkarier di Eropa.

Ia meraih enam gelar Liga di kasta tertinggi Italia bersama klub Juventus. Ia mendapatkan gelar tersebut secara terus-menerus sejak musim 2012/2013 hingga 2017/2018. Ia juga berkontribusi ketika berlaga di Serie A bersama Juventus karena diturunkan di 116 pertandingan.

5. Walter Samuel (6 gelar) - Argentina

5 Pemain Non-Italia Bergelar Serie A Terbanyak, Ada Pemain Afrika!Walter Samuel (asroma.com)

Bermain di posisi bek tengah, Walter Samuel selalu diberi kepercayaan dengan tim yang dinaunginya. Ia meraih trofi Serie A bersama dua klub, yakni AS Roma dan Inter Milan. Walau menyabet enam trofi bersama dua tim, kebanyakan capian tersebut bersama Inter Milan.

Kesuksesannya ini membuat ia menjadi salah satu pemain luar negeri dengan gelar Serie A terbanyak sebagai pemain dari Argentina. Ia meraih gelarnya di musim 2005/2006 hingga 2009/2010. Sedangkan satu-satunya bersama AS Roma yakni pada musim 200/2001.

Capaian hebat tersebut diraih atas konsistensinya berada di level tertinggi liga. Kehebatan seorang pemain Non-Italia di Serie A tentu jadi bukti rasa kompetitif dari liga tersebut.

Baca Juga: Rumput Stadion Bumi Sriwijaya Belum Sempurna untuk Piala Dunia U-20

Rasya Alfarizi Photo Community Writer Rasya Alfarizi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya