Comscore Tracker

Terpilih Jadi Tuan Rumah, Pengelola JSC: Harus Dimanfaatkan Sebaiknya

Revitalisasi GSJ segera dimulai

Palembang, IDN Times - Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (JSC) Palembang resmi ditetapkan oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sebagai vanue penyelenggaraan Piala Dunia U-20 yang akan diselenggarakan di Indonesia tahun 2021. Hal itu disambut baik oleh Sekretaris JSC, Mirza, usai mendapat laporan resmi penetapan hari ini.

"Ini jadi momen langka. Untuk pertama kalinya kita mendapat kesempatan menyelenggarakan kejuaraan dunia, pertandingan sepak bola. Momen ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya," ujar Mirza, Sabtu (27/6).

Baca Juga: Sah! PSSI Pilih 6 Stadion Ini untuk Venue Piala Dunia U-20 2021

1. Pengelola Anggap GSJ sudah berpengalaman adakan event olahraga

Terpilih Jadi Tuan Rumah, Pengelola JSC: Harus Dimanfaatkan SebaiknyaStadion Gelora Sriwijaya di Palembang. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Mirza menilai, dengan penyelenggaraan event tersebut akan memacu kemajuan olahraga, pariwisata, dan ekonomi di Bumi Sriwijaya. GSJ sendiri sudah sering dijadikan sebagai tuan rumah event olahraga mulai dari taraf lokal, regional hingga Internasional Terakhir GSJ menjadi tuan rumah Asian Games 2018 lalu.

"Khusus bagi JSC sebagai Venue Owner harus memberikan servis yang memenuhi standar FIFA, baik akomodasi, konsumsi serta venue pertandingan," ungkap dia.

2. PSSI Sumsel mulai persiapkan penyelengaraan Piala Dunia

Terpilih Jadi Tuan Rumah, Pengelola JSC: Harus Dimanfaatkan SebaiknyaUcok Hidayat, PSSI (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sementara itu, Ketua Asprov PSSI Sumsel, Ucok Hidayat mengatakan, terpilihnya Stadion Gelora Jakabaring memang sudah diperjuangkan dari beberapa bulan lalu untuk membawa turnamen bergengsi itu ke Kota Palembang. Maka dari itu pihaknya berharap ke depan, semua pihak dapat bahu-membahu menyukseskan event tersebut.

"Ini kebanggaan untuk kita semua. Namun kita juga harus segera menyiapkan stadion pendukung untuk latihan dan untuk wasit, dan semua kebutuhan penyelenggaran," ujar dia.

3. Revitalisasi GSJ diperkirakan rampung dua bulan sebelum pertandingan

Terpilih Jadi Tuan Rumah, Pengelola JSC: Harus Dimanfaatkan SebaiknyaSuasana jalan di Jakabaring Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ucok menambahkan, gelaran Piala Dunia sendiri direncanakan berlangsung pada Bulan Mei 2021. Menurutnya, sisa waktu 11 bulan harus dimaksimalkan melalui pembenahan stadion dan catatan yang telah diberikan FIFA.

"PSSI menargetkan selesai renovasi dan revitalisasi pada Maret. Artinya ini juga membutuhkan dukungan kita semua, khususnya masyarakat dan pecinta bola Sumsel untuk memberikan dukungan maksimal bagi penyelenggaraan ini," kata dia.

Baca Juga: Data BPS Sumsel: Tak Ada Wisatawan Datang ke Sumsel Bulan April

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya