Comscore Tracker

Cek Kesiapan GSJ, PSSI Minta Perbaikan Sesuai Kehendak FIFA

Stadion utama diprediksi rampung Desember

Palembang, IDN Times - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), sidak ke Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) yang berada di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Kamis (27/8/2020) siang.

Dalam agenda pengecekan salah satu vanue Piala Dunia U-20 tersebut, tim dari PSSI memberikan list apa saja yang harus diperbaiki dari stadion berkapasitas 40 ribu penonton itu.

"Hari ini Tim PSSI pusat meninjau persiapan GSJ untuk Piala Dunia 2021. Kita akan melakukan penyesuaian perbaikan sesuai statuta FIFA, dan persyaratan FIFA. Intinya Jakabaring siap," ungkap Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Sumsel Ucok Hidayat, Kamis (27/8/2020).

Baca Juga: Renovasi Gelora Sriwijaya Memaksa Sriwijaya FC Latihan di Stadion Lain

1. Bench pemain akan dibuat sesuai standar FIFA

Cek Kesiapan GSJ, PSSI Minta Perbaikan Sesuai Kehendak FIFARenovasi bench pemain (IDN Times/Rangga Erfizal)

Ucok menjelaskan, persiapan renovasi Stadion Jakabaring akan dimulai dengan pembenahan infrastruktur mulai dari rumput stadion, tempat duduk penonton, tempat duduk pemain, ruang ganti, atap stadion hingga warna dari stadion.

Pengerjaan tahap renovasi diambil oleh Dinas PUCK Sumsel. Menurut Ucok, pengerjaan perbaikan stadion tinggal pelaksanaan saja.

"Desain sudah ada, tidak banyak yang diperbaiki. Kursi sudah bagus, ruang ganti bagus. Beberapa kerusakan sedang diperbaiki. Bench pemain dan pelatih akan diganti seperti yang ada di Eropa," jelas dia.

2. FIFA akan tinjau stadion Oktober mendatang

Cek Kesiapan GSJ, PSSI Minta Perbaikan Sesuai Kehendak FIFAPemotongan rumput stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (IDN Times/Rangga Erfizal)

Rencananya, FIFA akan meninjau Jakabaring secara langsung pada bulan Oktober 2020. Guna memaksimalkan renovasi, Ucok mengaku optimis dapat selesai tepat waktu sebelum perhelatan di mulai.

"Jakabaring sudah masuk dalam komitmen PSSI. Kami optimis perhelatan dilakukan di sini. Rencananya akan ada empat tim yang datang ke Palembang dengan enam kali pertandingan," jelas Ucok.

3. Ada 16 poin perbaikan diminta oleh FIFA dan PSSI

Cek Kesiapan GSJ, PSSI Minta Perbaikan Sesuai Kehendak FIFAProses renovasi kursi stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sementara itu, Kepala Dinas PUCK Sumsel, Basyaruddin Ahmad mengatakan, proses renovasi stadion di target selesai pada Desember 2020 mendatang. Menurutnya, ada 16 poin perbaikan dari PSSI dan FIFA yang harus dikerjakan sebagai syarat mutlak menjadi tuan rumah.

Salah satu pengerjaan renovasi yang tengah dilakukan adalah, rumput stadion. Pihaknya melakukan pemupukan, penyiraman, dan pemotongan secara rutin agar kualitas rumput membaik.

"Kita fokus ke rumput dengan menggandeng konsultan Gelora Bung Karno. Sejauh ini baru 60 persen pengerjaan rumput. Untuk keseluruhan progres belum bisa kita katakan. Sepengalaman kita, JSC ini ditakdirkan untuk dikerjakan kebut semalam," ungkap dia.

4. Target Desember 2020, stadion utama selesai renovasi

Cek Kesiapan GSJ, PSSI Minta Perbaikan Sesuai Kehendak FIFAStadion GSJ di Jakabaring Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sedangkan untuk renovasi lapangan pendamping yang rencananya digunakan oleh empat negara, pihak PUCK Sumsel bersama Kementerian PUPR menyiapkan empat lapangan. Empat lapangan tersebut adalah Stadion Bumi Sriwijaya, Vanue Baseball, Vanue panahan dan Vanue Atletik.

"Banyak kita perbaiki, mulai dari kursi stadion, pewarnaan, empat lapangan pendukung satu kita kerjakan, tiga diambil alih Kementerian PUPR. Target PUCK Desember harus selesai, sedangkan Kementerian Februari," kata Basyaruddin Ahmad. 

Baca Juga: Sriwijaya FC Lepas Dua Winger Jelang Kick Off Perdana

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya