Comscore Tracker

Sumsel Andalkan Cabor Atletik Dulang  Emas di PON Papua 

Sumsel pasang target tinggi di PON Papua bulan Oktober nanti

Palembang, IDN Times - Ketua Tim Pelatihan Pemusatan Daerah Sumatra Selatan (Pelatda Sumsel), Syamsudin Isaac Suryamanggala mengungkapkan, kontingen Bumi Sriwijaya mengandalkan cabang olahraga (cabor) atletik untuk mendulang emas di PON Papua 2021.

"Prediksi kita dari atletik karena peluang emasnya tinggi, meski secara keseluruhan cabor apa pun tetap memiliki kesempatan sama. Target memang harus setinggi-tingginya," ujarnya, Senin (15/2/2021).

1. KONI Sumsel kembangkan potensi atlet selama pelatda

Sumsel Andalkan Cabor Atletik Dulang  Emas di PON Papua Ilustrasi KONI Sumsel melakukan rapat virtual (IDN Times/Humas KONI Sumsel)

Melihat dari hasil evaluasi, para atlet memiliki tujuan sama untuk meraih medali sebanyak-banyaknya. Mereka optimis mencapai target. Apalagi Gubernur Sumsel, Herman Deru, menjanjikan bonus tambahan bagi para atlet yang juara.

"Untuk mengharumkan eksistensi olahraga Sumsel di tingkat nasional, kita akan melakukan pengembangan potensi dari setiap cabor selama pelatda ini. Penilaian mereka terus berjalan hingga Juni mendatang," katanya.

Baca Juga: KONI Sumsel Terancam Kehilangan 2 Medali Emas di PON Papua

2. Daftar 10 cabor yang masih belum ada kepastian dalam pembahasan panitia

Sumsel Andalkan Cabor Atletik Dulang  Emas di PON Papua Situasi kantor KONI Sumsel di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Berdasarkan pendataan, atlet Sumsel yang akan mengikuti pelatda berjalan di venue Jakabaring Sport Center (JSC) Palembang mencapai 131 oran. Mereka berasal dari 28 cabor yang akan dipertandingkan di PON XX Papua 2021.

Kendati demikian, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel belum mendapatkan kepastian terkait 10 cabor lagi yang dikabarkan tidak bisa bisa berlaga dalam event nasional tersebut.

"Setelah pelatda, baru ada pemusatan latihan bulan September. Terkait 10 cabor tidak ikut ini, hingga sekarang masih dalam rapat dan pembahasan. Kemungkinan akan ada yang dipertandingkan cabor-cabor tersebut, tapi bukan di Papua," jelas dia.

3. Manfaatkan pelatda secara maksimal untuk mendapatkan hasil optimal

Sumsel Andalkan Cabor Atletik Dulang  Emas di PON Papua Ketum KONI Sumsel Hendri Zainudin (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ketua Umum KONI Sumsel, Hendri Zainuddin menambahkan, semua atlet yang telah dibina sudah siap untuk bertanding di PON XX Papua pada Oktober mendatang. Hanya saja, para atlet masih memerlukan pelatihan maksimal agar mendapat hasil yang lebih optimal.

“Asupan nutrisi atlet juga akan kita perhatian supaya tetap dalam kondisi yang bugar selama mengikuti pelatihan, dan bisa fokus memahami strategi-stategi yang dilatih. Kita optimis tembus target dari Gubernur," tambahnya.

4. Gubernur Sumsel minta KONI raih prestasi masuk peringkat 10 besar

Sumsel Andalkan Cabor Atletik Dulang  Emas di PON Papua Gubernur Sumsel Herman Deru (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Gubernur Sumsel, Herman Deru berharap, KONI Sumsel mampu meraih target prestasi olahraga minimal 10 besar di PON Papua. Dirinya juga turut mendukung penuh pelatda yang digelar oleh Pengurus Provinsi (Pengprov).

"Karena ini (pelatda) penting dilakukan agar para atlet semakin matang, sehingga dapat menjadi juara dalam PON. Saya menyambut baik pelatda, ini merupakan proses pematangan strategi dan memaksimalkan kemampuan para atlet," tandasnya.

Baca Juga: Jelang PON Papua, KONI Sumsel Minta Pemprov Sediakan Vaksinasi Atlet

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya