Comscore Tracker

PSSI dan PT LIB Verifikasi Stadion GSJ Palembang Jadi Tuan Rumah Liga

Ada 11 klub turut mengajukan diri sebagai tuan rumah liga

Palembang, IDN Times - Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang menjadi salah satu lokasi pelaksanaan Liga Indonesia. Jelang Liga 2 pada akhir September 2021, GSJ Palembang mulai diverifikasi oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB).

"Mereka sebagai operator kompetisi liga bersama PSSI menyampaikan isyarat kelayakan stadion untuk jadi tuan rumah. Kemarin verifikator sudah meninjau lokasi untuk melihat sarana dan fasilitas," ujar Ketua Komite Umum dan Organisasi Asprov PSSI Sumsel, Faisal Mursyid kepada IDN Times, Kamis (16/9/2021).

1. Bakal menambah fasilitas protokol kesehatan

PSSI dan PT LIB Verifikasi Stadion GSJ Palembang Jadi Tuan Rumah LigaSekretaris Perusahaan PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) Faisal Mursyid (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Berdasarkan evaluasi dan penilaian tim verifikator PT LIB dan PSSI, Faisal menyebut kelayakan Stadion GSJ Palembang patut diacungkan jempol. Lokasi tersebut juga sudah disiapkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, sehingga pembenahan stadion GSJ tinggal kelengkapan.

"Menurut mereka stadion GSJ sudah bagus dan tinggal melengkapi sedikit sarana. Nanti mereka tinggal meletakkan dan menambah fasilitas prokes, biar pertandingan dapat berjalan dengan baik," kata dia.

Baca Juga: FIFA Tinjau Ulang Stadion Gelora Sriwijaya Untuk Piala Dunia U-20

2. Tim verifikator memeriksa semua sarana dan fasilitas kelayakan stadion

PSSI dan PT LIB Verifikasi Stadion GSJ Palembang Jadi Tuan Rumah LigaStadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) di JSC Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Tim verifikator melihat kelayakan Stadion GSJ pada Rabu (15/9/2021) kemarin. Zumi Zovtan dari PT LIB dan Indro dari PSSI melakukan inspeksi sebagai tindak lanjut surat usulan klub Sriwijaya FC untuk menjadi tuan rumah Liga 2 kompetisi 2021.

"Mereka mengecek persiapannya seperti apa. Mulai dari tribun, lapangan, dan penerangan lampu, hingga tertib prokes saat pemain masuk," jelas Faisal.

3. Bakal ada drawing lanjutan evaluasi Stadion GSJ Palembang

PSSI dan PT LIB Verifikasi Stadion GSJ Palembang Jadi Tuan Rumah LigaIlustrasi Stadion di Tengah Pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Fauzan)

Setelah tim verifikator inspeksi lokasi, hasil itu selanjutnya dilaporkan ke PSSI melalui penilaian di lapangan. Kemudian manajemen PT SOM segera menerima jawaban, apakah Stadion GSJ Palembang layak menjadi tuan rumah utama dan seberapa besar peluang kelayakan kompetisi terlaksana di sana.

"Insya Allah nanti akan ada drawing lanjutan. Karena selain Stadion GSJ Palembang, ada juga stadion di kota lain diverifikasi infrastruktur," timpalnya.

4. Ada 11 klub yang mengajukan lokasi tuan rumah Liga Indonesia

PSSI dan PT LIB Verifikasi Stadion GSJ Palembang Jadi Tuan Rumah LigaKondisi rumput di Stadion GSJ Jakabaring Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Faisal berharap stadion GSJ Palembang menjadi pilihan utama PT LIB dan PSSI sebagai tuan rumah untuk menyelenggarakan pertandingan liga. Apalagi ada beberapa klub yang turut mengajukan diri sebagai tuan rumah.

"Kalau bicara kans, kita optimis terpilih jadi tuan rumah dari 11 klub yang mengajukan. Kita harapkan begitu, karena kita punya lapangan latihan berada di satu area. Jadi semuanya satu wilayah terintegrasi, baik dari sisi transportasinya tidak ada masalah," tandas dia.

Baca Juga: Hendriansyah Didapuk Sebagai Manajer Baru Sriwijaya FC 

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya