Comscore Tracker

KONI Sumsel Janjikan Bonus Ratusan Juta Peraih Emas di PON Papua

Apresiasi hingga ratusan juta rupiah

Palembang, IDN Times - Komite Olahraga Nasional Indonesia Sumatra Selatan (KONI Sumsel) menjanjikan bonus kepada kontingen Sumsel. Atlet yang mampu meraih juara dan medali emasi di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua 2021 bakal mendapat bonus.

"Kami siapkan bonus cukup besar untuk pencapaian prestasi atlet di ajang multievent antar provinsi ini," ujar Ketua Umum KONI Sumsel, Hendri Zainuddin, Selasa (10/11/2020).

1. Pembagian bonus turut dibantu Gubernur Sumsel

KONI Sumsel Janjikan Bonus Ratusan Juta Peraih Emas di PON PapuaIlustrasi KONI Sumsel melakukan rapat virtual (IDN Times/Humas KONI Sumsel)

Menurut pria yang akrab disapa HZ ini, nominal bonus yang dipersiapkan yakni uang tunai Rp150-200 juta sebagai bentuk dana apreasiasi terhadap jerih payah dan kemampuan atlet yang berjuang demi membanggakan nama provinsi.

"Bagi mereka peraih medali emas di PON Papua, kita akan berkoordinasi dengan pak Gubernur Sumsel. Kemungkinan Pak Gubernur akan menentukan di mana terbaiknya, sesuai kemampuan keuangan daerah," kata dia.

Baca Juga: Atlet Sumsel Kesulitan Latihan Jelang PON XX Papua

2. Sejumlah cabor berpotensi raih emas untuk KONI Sumsel

KONI Sumsel Janjikan Bonus Ratusan Juta Peraih Emas di PON PapuaIlustrasi atlet renang (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Kendati berkomitmen untuk memberikan dana apresiasi dengan jumlah besar, HZ enggan membocorkan cabang olahraga (cabor) mana saja yang berpotesi mendulang medali emas pada PON Papua 2021.

"Yang pasti ada beberapa cabor unggulan kita untuk meraih medali emas. Kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk memperbaiki prestasi kita sebelumnya," tambah dia.

3. Menarget prestasi lebih baik dari tahun 2016

KONI Sumsel Janjikan Bonus Ratusan Juta Peraih Emas di PON PapuaIlustrasi KONI Sumsel melakukan rapat virtual ZOOM (IDN Times/Humas KONI Sumsel)

Wakil Ketua Umum 1 KONI Sumsel, Ahmad Yani melanjutkan, target utama prestasi PON Papua adalah memperbaiki peringkat di PON Jawa Barat tahun 2016. Kala itu, kontingen Sumsel hanya berhasil menduduki posisi 21 klasemen akhir dengan 6 medali emas, 11 perak, dan 14 perunggu.

"Kalau target jelas, kita harus lebih baik dari PON di Jawa Barat kemarin. Kita akan mempersiapkan diri dengan lebih maksimal," tegasnya.

Baca Juga: Cari Atlet Potensial, Percasi-KONI Sumsel Jaring Pecatur Muda 

4. Ratusan atlet kantongi tiket PON Papua

KONI Sumsel Janjikan Bonus Ratusan Juta Peraih Emas di PON PapuaIlustrasi atlet renang (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Yani yang juga Ketua Umum Wushu Indonesia (WI) menerangkan, sejauh ini 115 atlet dari 15 cabor sudah mengantongi tiket untuk berlaga di PON Papua. Seperti atletik, wushu, senam, anggar, muaythai, loncat indah, dayung, pencak silat, bermotor, panjat tebing, bulutangkis, renang, balap sepeda, menembak, dan sepak takraw.

"Mereka yang lolos ke PON adalah atlet-atlet terbaik kita. Tentu kita berharap mereka dapat berjuang maksimal untuk mengharumkan nama Sumsel, dan semua cabor bisa raih medali terutama emas," tandas dia.

Baca Juga: Balap Sepeda dan Ski Air Tak Masuk Cabor PON Papua

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya