Comscore Tracker

Kisah Alicia Atlet Catur Sumsel, Target Juara & Kuliah di Luar Negeri

Target jadi juara dan mendapatkan emas

Palembang, IDN Times - Tertarik karena kakak, jawaban Alicia ketika ditanya alasan memilih catur sebagai olahraga favoritnya. Gadis kelahiran tahun 2000 ini berminat mendalami catur karena berbeda dengan cabang olahraga lain. Selain menguji otak, bermain catur menurutnya mampu mengatur emosi.

"Kenal catur pertama kali dari kakak, dia diajari sama orangtua saya. Waktu itu dia belajar catur dari kelas 1 SD dan saya masih kecil sering liat kakak. Dia juara dari hasil ikut lomba. Kemudian saya mulai tertarik belajar catur juga," ungkap perempuan bernama lengkap Alicia Fitri Wahida, Selasa (24/11/2020).

1. Aktif ikut lomba catur sejak di Akademi Catur Sumsel

Kisah Alicia Atlet Catur Sumsel, Target Juara & Kuliah di Luar NegeriAlicia Fitri Wahida, Atlet Catur Sumsel (IDN Times/Dokumen)

Meski tak seperti sang kakak yang bergelut dalam catur sejak masih kecil, namun Alicia optimis bisa meraih prestasi dari banyak kejuaraan olahraga asah otak tersebut. Seperti target menyabet juara pertama pada Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua pada 2021 mendatang.

"Saya ga kayak kakak dari kecil aktif ikut lomba catur, saya aktif saat Sumsel buka sekolah Akademi Catur. Saat itu saya angkatan pertama, di situ prestasi catur mulai meningkat. Waktu ikut lomba di Lampung juara 3 kegiatan," kata dia.

Baca Juga: Cari Atlet Potensial, Percasi-KONI Sumsel Jaring Pecatur Muda 

2. Alicia juga rutin jogging untuk menjaga kebugaran tubuh

Kisah Alicia Atlet Catur Sumsel, Target Juara & Kuliah di Luar NegeriAlicia Fitri Wahida, Atlet Catur Sumsel (IDN Times/Dokumen)

Walau fokus meraih prestasi lewat olahraga papan kotak-kotak itu, Alicia menyukai jogging untuk membuat tubuhnya tetap bugar. Dirinya rutin melakukan lari pagi hari bersama para atlet catur lainnya, atau olahraga berkeliling sembari lari kecil di sekitar rumah sendiri.

"Jogging bikin sehat, kalau catur keunggulannya karena olahraga ini kayak sekolah. Ibaratnya ya kita belajar, kalo lomba-lomba itu seperti kita lagi ulangan, kita harus ingat apa saja yang sudah dipelajari dan tema-tema apa saja yang ada," jelasnya.

Meski sangat menggemari catur, namun menurut Alicia terkadang dirinya juga merasa bosan. Salah satu inovasi yang ia lakukan ketika dirinya jenuh ialah meminta pelatih memberikan kuis untuk melatih otak, sekaligus menjadi inspirasi ide dalam merancang strategi.

3. Berharap sabet juara pertama di PON Papua

Kisah Alicia Atlet Catur Sumsel, Target Juara & Kuliah di Luar NegeriAlicia Fitri Wahida, Atlet Catur Sumsel (IDN Times/Dokumen)

Alicia bercerita awal mula ia terjun di olahraga catur sejak Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sedangkan kali perdana terjun dalam event olahraga terbesar pada tahun 2015, ketika seleksi Pra-PON. Waktu itu kata Alicia, calon atlet yang masuk 9 besar akan ikut kejuaraan PON mewakili provinsi.

"Dulu saya belum tahu apa itu PON, pas cari tahu ternyata salah satu agenda olahraga bergensi yang diadakan 4 tahun sekali di Indonesia," kata dia.

Setelah mengetahui peluang ikut PON, ia mulai berlatih keras. Tak disangka hasil perjuangannya tidak sia-sia. Alicia masuk dalam tim Pra-PON, dan ia mendapatkan peringkat kedua di PON Jawa Barat. Alicia berharap PON tahun depan bisa meraih prestasi yang luar biasa.

"Saya yakin hasil berjuang akan memberikan prestasi di PON Papua 2021, biar nanti kalau dapat hadiah dan dikumpulkan bisa kuliah di luar negeri," tandas dia.

Biodata diri

Nama: Alicia Fitri Wahida
Tempat Tanggal Lahir: Tangerang 27 Desember 2000
Prestasi: Juara 2 PON Jabar 2016
Nama Ibu: Uyun Kenongosari
Nama ayah: Ali Mukhtar
Anak kedua dari 3 bersaudara
Riwayat pendidikan
SD N 40 PERCONTOHAN PANGKALAN BALAI
SMP-SMA KLS 2: AKADEMI CATUR SUMSEL
SMA KLS 2-3: SMA N 1 BANYUASIN II

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya