Comscore Tracker

Jelang Pelatda PON XX Papua 133 Atlet Sumsel Jalani Tes Fisik

KONI Sumsel ikut 15 cabang olahraga

Palembang, IDN Times - Komite Olahraga Nasional Indonesia Sumatera Selatan (KONI Sumsel) sedang mematangkan kesiapan para atlet jelang penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX Tahun 2021 di Papua. Persiapan terbaru adalah atlet mengikuti tes fisik sebelum melakukan Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda).

"Pelatda akan digelar di venue-venue lingkungan Jakabaring Sport City (JSC) dan akan diikuti sekitar 133 atlet. Sebelumnya mereka (atlet) bakal tes fisik dulu untuk mengukur kebugaran," ujar Ketua KONI Sumsel, Hendri Zainudin, Kamis (4/1/2021).

1. KONI Sumsel target perbaiki posisi peringkat

Jelang Pelatda PON XX Papua 133 Atlet Sumsel Jalani Tes FisikIlustrasi KONI Sumsel melakukan rapat virtual ZOOM (IDN Times/Humas KONI Sumsel)

Menurut pria yang akrab disapa HZ itu, tujuan tes fisik dilakukan sebelum pelatda berlangsung adalah bentuk evaluasi KONI Sumsel. Tujuannya, melihat seberapa besar potensi atlet ke depan dalam mencapai target prestasi serta penilaian kemampuan mereka menjadi lebih baik.

"Kita harap akan meningkatkan prestasi, sehingga bisa raih medali di PON dan memperbaiki posisi Sumsel di peringkat perolehan medali," kata dia.

Baca Juga: KONI Sumsel Janjikan Bonus Ratusan Juta Peraih Emas di PON Papua

2. Harap bisa saingi atlet beragam cabor asal Jawa

Jelang Pelatda PON XX Papua 133 Atlet Sumsel Jalani Tes FisikPengprov cabor KONI Sumsel (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menjelang gelaran PON XX di Papua, KONI Sumsel optimistis mendapati hasil maksimal. Kendati pelaksanaan pesta olahraga antar provinsi di Indonesia mundur pada Oktober 2021. Target utama di PON Papua yakni bisa mengalahkan peserta berbagai cabang olahraga (cabor) dari Jawa.

"Karena PON sebelumnya di Jawa Barat tahun 2016. Kita hanya finish di posisi 21 klasemen akhir, dengan hanya meraih enam medali emas, 11 perak, dan 14 perunggu," ungkap HZ.

3. Launching pelatda dilakukan tanggal 15 Februari

Jelang Pelatda PON XX Papua 133 Atlet Sumsel Jalani Tes FisikKetua Umum PSMTI Sumsel, Kurmin Halim, audiensi bersama Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel, Hendri Zainuddin (IDN Times/Dokumen Humas KONI Sumsel)

Ia melanjutkan, dari seluruh atlet yang bakal mengikuti beragam pertandingan, KONI Sumsel mengirim atlet untuk 15 cabang olahraga. Meliputi atletik, wushu, senam, anggar, muaythai, loncat indah, dayung, pencaksilat, bermotor, panjat tebing, bulutangkis, renang, balap sepeda, menembak, ski air, dan sepak takraw.

"Keseriusan kami bisa dilihat lewat rencana pelatda yang bakal dilauncing 15 Februari dan akan digelar di Griya Agung, Palembang dihadiri Gubernur Sumsel (Herman Deru). Launching ini merupakan bagian persiapan menghadapi PON Papua," tandas dia.

Baca Juga: KONI Sumsel Launching Jadwal Pelatda PON Papua

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya