Comscore Tracker

Cegah Manipulasi Data, KONI Sumsel Verifikasi Keabsahan Atlet

Semua atlet yang turun di Porprov Sumsel di Kota Prabumulih

Palembang, IDN Times - KONI Sumatera Selatan (Sumsel) mulai melakukan verifikasi atlet dari 17 kabupaten/kota yang akan turun pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel ke-XII 2019 di Prabumulih, 16 November mendatang.

Ketua Bidang Keabsahan Porprov Sumsel, Asdit Abdullah mengatakan, hari pertama verifikasi, Kamis (24/10) ini, untuk atlet pada cabang olahraga (cabor) atletik, voli pasir, sepakbola, hockey, kempo, wushu, catur, karate, tinju, sepak takraw dan balap sepeda.

Kemudian, pada hari kedua, Jumat (25/10), verifikasi atlet untuk cabor bulu tangkis, soft tenis, renang, tenis meja, menembak, sepatu roda, bridge, taekwondo, senam dan basket. Hari terakhir, Sabtu (26/10), atlet dari cabor voli indoor, bola tangan, panjat tebing, tenis lapangan, pencak silat, biliar, woodball, panahan dan futsal.

"Semua atlet dari 30 cabor yang akan dipertandingkan pada Porprov Prabumulih nanti harus di verifikasi dulu keabsahannya," kata dia, Kamis (24/10).

Asdit mengungkapkan, KONI Sumsel selektif melihat persyaratan atlet. Mulai dari atlet tidak boleh terdaftar di 2 kabupaten/kota, atlet membela kabupaten/kota tempatnya dibina, jika ada atlet yang membela kabupaten/kota lain maka harus disertai perjanjian dan dibina kabupaten/kota lain.

Atlet yang turun harus kelahiran 1 Januari 1998, kecuali cabor tenis, soft tenis, woodball, catur, berlaku atlet kelahiran 1 Januari 1998 sebanyak 70 persen, dan 30 persen kuota buat atlet sebelum kelahiran 1 Januari 1998.

"Atlet juga wajib menyertakan KTP asli, KK asli, ijazah terakhir, akte kelahiran dan persyaratan lainnya," ujarnya.

Mulai pekan depan, KONI Sumsel akan meneliti keabsahan atlet dan secepatnya menyampaikan hasilnya verifikasi atlet. "Kita harapkan tidak ada keributan lagi soal atlet saat pertandingan," tandas dia.

Baca Juga: Anggota Sarankan Calon Ketum KONI Sumsel Tandatangani Fakta Integritas

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya