Comscore Tracker

Atlet Sumsel, Jauhari Johan Beri 2 Medali SEA Games untuk Indonesia 

Emas dari cabor duathlon dan perunggu dari triathlon

Palembang, IDN Times - Atlet atletik Indonesia, Jauhari Johan, mampu menambah medali emas untuk Kontingen Merah Putih, setelah tampil tercepat di perlombaan cabang olahraga (cabor) duathlon SEA Games 2019 yang digelar di Subic Bay, Subic, Filipina.

Pelari asal Sumsel ini menjadi yang pertama melintasi garis finis setelah berjuang selama 1 jam 52 menit dan 51 detik, pada cabor yang mengombinasikan lomba lari dan balap sepeda. 

"Alhamdulillah senang, karena fight yang saya usahakan membuahkan hasil. Walaupun bersaing dengan negara lain, pesaing terkuat dari tuan rumah Filipina. Mereka punya atlet mix relay triathlon profesional. Karena hari ini saya bertanding lagi di nomor mix relay triathlon," katanya kepada IDN Times saat dihubungi via ponsel, Senin (2/12).

1. Kondisi cuaca Filipina yang sama dengan Indonesia menjadi keuntungan bagi Jauhari Johan

Atlet Sumsel, Jauhari Johan Beri 2 Medali SEA Games untuk Indonesia Jauhari Johan sumbangkan emas lewat duathlon di SEA Games 2019. Dok. kemenpora

Pria yang akrab disapa Jo ini mengungkapkan, selama perlombaan tersebut tidak ada rintangan yang terbilang besar untuk dihadapinya. Termasuk cuaca yang sama dengan kondisi Indonesia.

"Alhamdulillah-nya lagi, pertandingan ini sesuai ekspektasi, saya bersyukur memenuhi target dengan menyumbangkan medali emas," ungkap dia.

2. Jauhari Johan juga mampu mengungguli atlet tuan rumah Filipina dan Thailand

Atlet Sumsel, Jauhari Johan Beri 2 Medali SEA Games untuk Indonesia Suasana pembukaan SEA Games 2019 di Philippina Arena, Sabtu (30/11). ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/foc

Kepuasan Jo bukan hanya sekadar mendulang emas. Namun dia bisa mengungguli atlet tuan rumah Filipina, Joey De Los Reyes pada posisi kedua dengan catatan waktu 1:53:04. Kemudian, atlet Thailand Srinate Nattawut di posisi ketiga dengan total waktu 1:53:05.

"Terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia, sehingga cabang olahraga triathlon dan duathlon bisa menyumbangkan medali," ujar dia.

Baca Juga: Masih 17 Tahun, Windy Aisah Pecahkan Rekor SEA Games

3. Jauhari Johan sumbang emas kedua untuk Indonesia

Atlet Sumsel, Jauhari Johan Beri 2 Medali SEA Games untuk Indonesia Suasana pembukaan SEA Games 2019 di Philippina Arena, Sabtu (30/11). ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/foc

Official Kontingen Indonesia di SEA Games 2019, Nirmala Dewi menuturkan, Jauhari Johan sendiri menjadi atlet kedua yang mampu menyumbangkan medali emas

"Ini merupakan emas kedua, sebelumnya emas pertama didapat Indonesia dari nomor polo air putra dan selanjutnya diikuti atlet menembak. Jelas bahagialah, kita berharap emas Jo bisa menjadi motivasi atlet lainnya yang berjuang di Filipina" tutur dia.

Nirmala melanjutkan, cabor lain yang berpotensi meraih medali emas, datang dari cabor bowling. "Kemarin kita peringkat ketiga di even Qubica di Palembang, ini bisa jadi salah satu cabor yang menjanjikan untuk mendulang emas," ujar dia.

Saat ini, Indonesia sudah mengumpulkan 17 medali, dengan 4 emas, 6 perak, 7 perunggu, dan menempati posisi keempat. Tuan rumah Filipina masih bertengger di posisi puncak, diikuti Vietnam dan Thailand.

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Just For You