Comscore Tracker

Sekda Apriyadi Ditunjuk Jadi Pj Bupati Musim Banyuasin?  

Ajudan: Sudah terima undangan Pemprov

Musi Banyuasin, IDN Times --Berakhirnya masa tugas Beni Hernedi SIP selaku PLT Bupati Musi Banyuasin (Muba), Minggu (22/5/2022) membuat sejumlah publik bertanya-tanya siapakah Pj Bupati yang akan mengisi kursi kepemimpinan Muba ke depannya.

Namun teka-teki siapa Pj Bupati Muba selanjutnya akhirnya terjawab. Sekda Muba Apriyadi dikabarkan dalam waktu dekat bakal menerima SK Pj Bupati Muba.

Baca Juga: Sawit Menumpuk di PT WPG Muba, Sopir Keluhkan Buah Menyusut

1. Sekda sudah terima undangan pemprov Sumsel

Sekda Apriyadi Ditunjuk Jadi Pj Bupati Musim Banyuasin?  (Sekda Muba, Apriyadi) IDN Times/Istimewa

Ajudan Sekda Muba, Rian ketika dihubungi mengatakan, saat ini sang Sekda sudah ada di Palembang. Itu karena Sekda Muba telah mendapat undangan dari Pemprov Sumsel.

“Pak Sekda saat ini sudah berada di rumahnya, di Palembang. Terkait persiapan menerima penyerahan SK Penjabat (Pj) Bupati Muba,” ujarnya singkat, Sabtu (22/5/2022).

2. Beni masih belum mengetahui siapa PJ selanjutnya

Sekda Apriyadi Ditunjuk Jadi Pj Bupati Musim Banyuasin?  (PLT Bupati Muba Beni Hernedi SIP) IDN Times/Istimewa

Terkait informasi hal tersebut, Beni Hernedi mengaku tidak mengetahui siapakah Pj Bupati akan dilantik selanjutnya. Maka itu ia tak tahu seperti apa orang yang akan memimpin Muba ke depannya.

"Yang jelas, siapapun dia maka harus cepat belajar tentang kabupaten Muba. Harus pandai menjalin kerjasama dengan OPD, harus tahu letak geografis wilayah kita. Jangan sampai ditanya dimana itu Kecamatan Jirak Jaya, dimana itu Kecamatan Lalan tidak tahu," tegasnya.

Menurutnya, Pj itu merupakan jabatan sementara karena konstitusi menghendaki pemilu serentak 2024. Jadi untuk mengisi kekosongan sementara kepemimpinan suatu kota/kabupaten ditunjuklah Pj oleh Gubernur setempat. 

"Saya berharap Pj ini bisa melanjutkan pembangunan dan pemerintahan Muba itu sesuai rencana yang telah disusun. Pj juga harus cepat beradaptasi, karena jadi bupati itu dengan kompleksitas kepemimpinan," terangnya.

3. Pj Bupati diharapkan cepat beradaptasi

Sekda Apriyadi Ditunjuk Jadi Pj Bupati Musim Banyuasin?  (Sekda Muba Apriyadi yang digadang-gadang jadi PJ Bupati selanjutnya) IDN Times/Istimewa

Selain itu ia menambahkan, jadi bupati itu adalah soal politik yang bagaimana memimpin kabupaten itu sesuai kehendak politik rakyat. 

"Nah Pj ini kan tidak dipilih oleh rakyat, tapi melaksanakan fungsi sebagai pemimpin politik. Maka itu Pj harus cepat memahami permasalahan yang ada, bagaimana dia bisa mengkoordinasikan semua pemangku kepentingan untuk mencapai visi misi pembangunan," ungkap Beni.

Baca Juga: Muba Batasi Ternak dari Luar Daerah Cegah Penularan PMK

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya