Comscore Tracker

Umpan Kambing, Harimau Sumatera Masuk Box Trap di Semendo Sumsel

BKSDA Sumsel rahasiakan kemana melepas harimau tersebut 

Palembang, IDN Times -Seekor Harimau Sumatera masuk perangkap box trap yang dipasang Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) di perkebunan kopi penduduk di Desa Plakat, Kecamatan Semendo Darat Ulu Kabupaten Muaraenim, Sumatera Selatan (Sumsel). 

Menurut Kepala BKSDA Sumsel, Genman Suhefti Hasibuhan, Harimau Sumatera yang sudah masuk perangkap tersebut telah diamankan oleh tim Satgas penyelamatan.

"Benar ada harimau tertangkap di Semendo. Penangkapannya hari ini, teman-teman melakukan pengecekan karena sebelumnya (kemarin) belum ada," ujar dia, Selasa (21/1).

1. BKSDA merahasiakan keberadaan Harimau Sumatera yang tertangkap tersebut

Umpan Kambing, Harimau Sumatera Masuk Box Trap di Semendo SumselSatwa semakin terdesak dengan adanya rencana pembangunan jalur khusus angkutan batubara (IDN Times/Istimewa)

Geman mengungkapkan, pihaknya sudah membawa Harimau Sumatera tersebut di lokasi yang aman. BKSDA enggan menyebut ke mana membawa harimau tersebut dibawa, untuk menghindari emosi warga.

"Kita rahasiakan dulu, demi keselamatan harimau. Kita khawatir masyarakat gak suka, makan orang toh. Khawatir ada yang balas dendam. Makanya kita rahasiakan," ungkap dia.

2. Pengamankan Harimau Sumatera melibatkan Polri-TNI

Umpan Kambing, Harimau Sumatera Masuk Box Trap di Semendo SumselRedo jayusman

Genman menuturkan, BKSDA Sumsel juga meminta TNI dan Polri untuk turun tangan mengawal keberadaan Harimau Sumatera, agar tidak menjadi sasaran amukan warga. 

"Tentara dan Polisi juga bagian satgas, jadi ikut pengamanan. Ini satwa liar dilindungi, takutnya ada pihak tidak senang melakukan hal tidak baik, dengan melukai atau segala macam," tutur dia.

3. BKSDA segera membawa Harimau Sumatera ke tempat rescue harimau

Umpan Kambing, Harimau Sumatera Masuk Box Trap di Semendo SumselSebaran harimau di wilayah Sumsel dari pantauan kamera trap/IDN Times/Istimewa

Untuk sementara ini, terang Genman, pihaknya akan membawa Harimau Sumatera tersebut ke rescue harimau. Hanya saja, pihanya belum bisa memastikan wilayahnya, bisa di Bengkulu, Lampung, Jambi.

"Ada satu, umur dan jenis kelamin harimau belum bisa dipastikan. SOP kita, kalau terperangkap langsung ditutup. Kita akan lakukan rescue ke luar Sumsel, mana wilayah cocok akan kita tempatkan disana," terang dia.

Baca Juga: Amarah Harimau Sumatera, Satwa Menyerang atau Manusia Masuk Habitat?

4. BKSDA pasang umpang kamping dalam box trap

Umpan Kambing, Harimau Sumatera Masuk Box Trap di Semendo SumselJejak tapak kaki binatang buas yang diduga Harimau Sumatera, yang ditemukan warga di Kampung 4 kaki Gunung Dempo, Pagaralam, beberapa waktu lalu/IDN Times/Istimewa

Genman menjelaskan, pihak BKSDA Sumsel memasang tiga box trap dan 20 buah kamera trap untuk melihat aktivitas Harimau Sumatera. Dalam satu box trap pihaknya menaruh satu kambing sebagai umpan.

"Umpannya kambing yang kita pasang, jadi bukan kancil ya," tandas dia.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb 

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya