Comscore Tracker

Produksi Senpi Rakitan Asal OKI Sumsel Sudah Merambah ke Pulau Jawa 

Pembeli bisa memesan senpi rakitan sesuai keinginan

Kayuagung, IDN Times - Polres Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel) meringkus perakit senjata api rakitan (senpira) yang kerap menjual hasil produksinya di Desa Sungai Ceper, Kecamatan Sungai Menang dan Sungai Sodong Kecamatan Mesuji, Kabupaten OKI.

Kapolres OKI, AKBP Donni Eka Saputra mengatakan, sesaat pihak kepolisian mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada transaksi senpira, maka personelnya langsung bergerak melakukan pengintaian di beberapa lokasi yang kerap digunakan untuk bertransaksi.

"Dari hasil operasi Senpi Musi 2019 ini, kita berhasil meringkus satu tersangka yang merupakan perakit senpira, Abriyadi (41)," kata dia, Kamis (5/12).

1. Polisi sita semua perlengkapan dan alat yang digunakan tersangka membuat senpira

Produksi Senpi Rakitan Asal OKI Sumsel Sudah Merambah ke Pulau Jawa Senjata yang diamankan selama operasi Senpi Musi 2019 (IDN Times/Istimewa Polres OKI)

Donni menjelaskan, dari tangan tersangka Abriyadi, petugas menyita alat yang biasa digunakan tersangka untuk merakit senjata api, seperti, gerinda, besi penjepit, bor, besi batangan, lempengan besi, obeng. 

"Dari barang yang disita kepolisian, kita juga temukan berbagai jenis selongsong peluru, seperti 35 butir selongsong kaliber 5,56 mm, lalu 2 peluru aktif kaliber 5,56 mm dan 1 peluru aktif kaliber 9 mm," jelas dia.

2. Senpira produksi rumahan ini dijual seharga Rp1 - 2 juta, tergantung jenis senjata

Produksi Senpi Rakitan Asal OKI Sumsel Sudah Merambah ke Pulau Jawa Pada tersangka pemilik dan pembuat senpira (IDN Times/Istimewa Polres OKI)

Hasil investigasi kepolisian, terang Donni, rata-rata pembeli yang datang kepada tersangka dari Kota Palembang, hingga Pulau Jawa. Untuk satu jenis senjata, para pembeli rela membayar mahal, untuk pesanan senpira dengan jenis yang diingikan.

"Senpira itu dijual tergantung jenisnya, biasa di jual mulai Rp1 juta hingga Rp2 juta. Dalam satu bulan, tersangka Abriyadi bisa mendapatkan satu sampai dua senpira. Untuk pesanan satu jenis senpira itu, tersangka hanya membutuhkan 4 hari pengerjaan," terang dia.

Baca Juga: Pembunuh Calon Pendeta di Sumsel Terancam Hukuman Mati 

3. Selama operasi, Polres OKI berhasil menyita 11 senjata dari berbagai jenis

Produksi Senpi Rakitan Asal OKI Sumsel Sudah Merambah ke Pulau Jawa Senjata yang berhasil disita oleh Polres OKI (IDN Times/Istimewa Polres OKI)

Donni melanjutkan, selama operasi 22 hari pihaknya berhasil mengumpulkan 11 senjata laras panjang, dan 39 senjata laras pendek, serta belasan amunisi kaliber 5-9 mm yang didapat dari 8 tersangka.

Penggunaan senpira ini sendiri, tambah Donni, sering disalahgunakan untuk melakukan tindakan kriminal. Makanya, untuk menekan hal itu, maka pihaknya tak segan menangkap para pelaku, baik si pembuat dan si pembeli.

"Dengan adanya pengungkapan pembuatan senpira ini, kami akan terus memburu pembuat dan pembeli ataupun pengguna senjata api ilegal ini," tandas dia.

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya