Comscore Tracker

Peternak Sapi di Banyuasin Hilang Diseret Buaya Muara

Korban diterkam buaya saat mencari pakan ternak

Banyuasin, IDN Times - Pria bernama Umar Bahiri (50) hilang karena diseret buaya muara, Senin (19/4/2021). Peristiwa itu terjadi di Parit Skunder Desa Sako Makmur, Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan (Sumsel).

Korban ketika itu sedang mencari rumput di pinggir sungai untuk keperluan pakan ternak sapi. Namun tiba-tiba buaya langsung menyeret korban hingga hilang tak ditemukan.

"Kejadian ini berlangsung kemarin pagi sekitar pukul 09.00 WIB. Korbannya hilang setelah diseret oleh buaya," ungkap Kasat Reskrim Polres Banyuasin, AKP Ikang Adi Putra, Selasa (20/4/2021).

1. Korban sempat berteriak saat digigit buaya

Peternak Sapi di Banyuasin Hilang Diseret Buaya MuaraIlustrasi: Buaya Muara di kawasan hutan Mangrove Kabupaten Agam, Sumatera Barat. IDN Times/Andri NH

Ikang menjelaskan, kejadian orang diseret buaya ini terjadi saat korban beserta dua rekannya Nurhalim (45) dan Galih Saputra (15) mencari rumput. Saat itu, ketiganya baru mencari rumput sekitar lima belas menit, sebelum teriakan korban terdengar oleh kedua rekannya.

"Dari keterangan saksi saat mencari rumput, mereka hanya berjarak masing-masing lima meter tiap orang saat buaya menarik korban ke sungai," ujar dia.

Baca Juga: Perahu Terbalik Saat Cari Ikan, Nelayan Banyuasin Tewas Diterkam Buaya

2. Buaya lebih leluasa karena berada di air

Peternak Sapi di Banyuasin Hilang Diseret Buaya MuaraIlustrasi buaya (IDN Times/Andri NH)

Dari keterangan saksi saat kejadian, mereka langsung melompat ke ketika korban berteriak meminta tolong. Mereka masih melihat korban sempat berusaha melepaskan diri dari gigitan buaya. Namun, buaya tersebut tetap menyeret korban ke dalam air.

"Saksi Nurhalim sempat berusaha menarik korban meski tangannya sudah digigit buaya. Tak sampai di situ, Nurhalim juga berusaha membacok buaya namun karena berada di pinggir sungai buaya lebih leluasa menyeret korban," ujar dia.

3. Pencarian korban masih dilanjutkan

Peternak Sapi di Banyuasin Hilang Diseret Buaya MuaraProses pencarian korban yang hilang diseret buaya (IDN Times/istimewa)

Sejauh ini warga setempat bersama aparat gabungan masih melakukan penyisiran. Bahkan aparat desa setempat berusaha meminjam alat berat dari perusahaan yang berada di sekitar lokasi untuk melakukan pencarian.

"Jasad korban juga belum ditemukan sehingga masih dilakukan pencarian. Diduga korban diseret ke bawah rerumputan," tutup dia.

Baca Juga: Warga Banyuasin Tangkap Buaya Kabur dari Penangkaran Sepanjang 3 Meter

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya