Comscore Tracker

Kisah Inspirasi Anak SD Palembang Bongkar Celengan Beli Hewan Kurban

Kambing akan dipotong di Sungai Rengas Gandus Palembang

Palembang, IDN Times - Hari raya Iduladha tahun ini tak dilewatkan begitu saja oleh Muhammad Amir Althaf Habibi (9), siswa Sekolah Dasar (SD) swasta di Palembang. Setelah berhasil mengumpulkan uang jajannya selama beberapa tahun, niatnya turut berkurban saat Iduladha 1441 Hijriah akhirnya terkabul.

Habibi memang sengaja mengumpulkan uang jajannya hari demi hari untuk berkurban. Ia mengaku selalu menyisihkan Rp1.000 hingga Rp2.000 dari uang sekolahnya. Tiap mendapat uang jajan, putra pasangan Kusnadi Lisa Purnama dan Retno Dwi Ambarwulan ini menyisihkannya ke dalam celengan.

"Tabungan saya sudah lama. Kalau ada uang pasti saya menabung. Apalagi kalau Market Day atau Idulfitri, saya pasti menabung di celengan. Kalau lebaran Idulfitri kan ada THR, jadi bisa menabung lebih banyak," ungkap Habibi, Selasa (28/7/2020).

1. Kambing Habibi akan dipotong di Gandus

Kisah Inspirasi Anak SD Palembang Bongkar Celengan Beli Hewan KurbanSapi di kandang milik penjual sapi di kawasan Soekarno Hatta (IDN Times/Rangga Erfizal)

Habibi akhirnya membuka celengan. Ia pun sudah membeli kambing senilai Rp1.975.000. Rasa senang menyelimuti perasaa Habibi karena bisa berbagi daging kurban yang akan disumbangkan ke warga di kawasan Sungai Rengas, Gandus, Palembang.

"Alhamdulillah, saat celengan dibongkar cukup buat beli kambing kurban untuk Iduladha tahun ini," jelas dia.

Baca Juga: Jokowi Pilih Sapi Limosin untuk Warga Palembang saat Iduladha

2. Kambing yang dibeli Habibi disalurkan melalui Dompet Dhuafa

Kisah Inspirasi Anak SD Palembang Bongkar Celengan Beli Hewan KurbanDok.IDN Times/istimewa

Retno Dwi Ambarwulan ibu Habibi, membenarkan kisah anaknya itu. Menurutnya, tabungan anak sulungnya tersebut cukup untuk membeli kambing. Habibi pun langsung meminta uang tersebut dibelikan kambing.

Melalui Sahabat Juang Indonesia (SJI) yang diteruskan ke Dompet Dhuafa Sumsel melalui program Tebar Hewan Kurban, Habibi membeli satu ekor kambing kurban.

"Alhamdulilah, tabungan cukup beli satu ekor kambing kurban, sementara adiknya Nayra Sabila Ilma tahun ini juga ikut sedekah daging kurban," jelas Retno.

3. Kambing yang dibeli habibi jenis standar

Kisah Inspirasi Anak SD Palembang Bongkar Celengan Beli Hewan KurbanPemeriksaan feses dari sapi untuk diperiksa di laboratorium (IDN Times/Rangga Erfizal)

Founder Sahabat Juang Indonesia (SJI), Aryadi Ali Usman mengungkapkan, sampai hari ini pihaknya sudah menyalurkan tiga ekor kambing termasuk milik Habibi ke Dompet Dhuafa.

"Ada tiga kambing kurban yang kita percayakan ke Dompet Dhuafa Sumsel untuk disalurkan. Satu kambing premium dan dua lagi kambing standar," ujar dia.

Ary menambahkan, salah satu kambing standar yang disumbangkan Habibi diketahui berasal dari tabungannya selama beberapa tahun.

"Tak hanya Habibi, adiknya Nayra Sabila Ilma sebenarnya juga punya niat berkurban. Tapi karena uangnya belum cukup beli hewan kurban, jadi tahun ini Nayra ikut sedekah kurban saja dulu," tutup dia.

Baca Juga: Biar Gak Amsyong, Ini Tips Membeli Hewan Kurban 

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya