Kadin Sumsel Sumbang 400 Tabung Oksigen ke 10 RS di Sumsel

Kadin mengaku sering mendapat laporan kekurangan oksigen

Palembang, IDN Times - Kamar Dagang dan Industri Sumatra Selatan (Kadin Sumsel) memberi bantuan tabung oksigen untuk 10 rumah sakit di Sumsel. Tabung oksigen menjadi kebutuhan saat pandemik untuk membantu masyarakat yang memerlukan perawatan di rumah sakit.

"Ada 400 tabung oksigen yang kita bagikan berkapasitas 50 kilogram dan 20 kilogram. Setelah didata, kebutuhan setiap RS kita salurkan hari ini," ungkap Ketua Kadin Sumsel, Dodi Reza Alex, Kamis (26/8/2021).

1. Kadin sering mendapat laporan jika Sumsel kekurangan oksigen

Kadin Sumsel Sumbang 400 Tabung Oksigen ke 10 RS di SumselTabung oksigen sumbangan Kadin Sumsel (IDN Times/Rangga Erfizal)

Dodi mengatakan, pihaknya sebagai organisasi yang mengakomodir para pengusaha kerap mendapat laporan jika masyarakat dan rumah sakit kekurangan tabung oksigen. Oleh sebab itu, pihaknya tergerak memenuhi kebutuhan oksigen.

"Itu sebabnya kami Kadin Sumsel tergerak, dan hari ini menyalurkan bantuan tabung oksigen gratis," jelas dia.

Baca Juga: Gubernur Sumsel Apresiasi Aturan PPKM Level 4 Lebih Fleksibel

2. Sebanyak 100 tabung oksigen disiapkan untuk masyarakat

Kadin Sumsel Sumbang 400 Tabung Oksigen ke 10 RS di SumselTabung oksigen sumbangan Kadin Sumsel (IDN Times/Rangga Erfizal)

Dodi menjelaskan, sebanyak 100 tabung diberikan untuk RSMH Dr Muhammad Hoesin, RS Bari Palembang 75 tabung, dan RSUD Banyuasin 13 tabung.

Kemudian RSUD dan Puskesmas di Muba sebanyak 31 tabung, RSUD Dr HM Rabain Muara Enim 14 tabung, RSUD Kabupaten Lahat 14 tabung, RSUD Tebing Tinggi Empat Lawang 13 tabung, RSUD Muara Beliti Musi Rawas 13 tabung, RSUD Rupit Muratara 14 tabung, dan RS Lubuklinggau 13 tabung.

"Sisa 100 tabung oksigen disiagakan di Rumah Siaga COVID-19 Kadin Sumsel. Jadi ketika ada masyarakat yang butuh tinggal datang, nanti akan kita data dan pinjamkan," jelas dia.

3. Setiap ruangan RSMH Palembang tidak semua teraliri oksigen cair

Kadin Sumsel Sumbang 400 Tabung Oksigen ke 10 RS di SumselSumbangan oksigen untuk RS di Sumsel (IDN Times/Rangga Erfizal)

Direktur Utama RSMH Palembang, Bambang Eko Sunaryanto, mengapresiasi dan mengucapkan rasa syukur atas bantuan yang diberikan berupa tabung oksigen berukuran besar. 

Menurutnya, tidak semua ruangan memiliki saluran oksigen cair. Dengan bantuan itu, mereka berharap setiap kamar bisa terpenuhi oksigen jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

"Saat ini tabung oksigen sangat dibutuhkan. Atas bantuan Pak Ketum Dodi Reza ini, kami sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih," jelas dia.

Bambang menambahkan, semoga bantuan tabung oksigen dalam jumlah besar itu bisa bermanfaat dan rumah sakit tidak lagi kesulitan mendapat tabung oksigen.

"Oksigen menjadi bagian penting saat penanganan pasien yang terpapar COVID-19. Semoga pasien COVID-19 di Sumsel terus menurun," jelas dia.

4. Kasus COVID-19 di Muratara diharapkan turun

Kadin Sumsel Sumbang 400 Tabung Oksigen ke 10 RS di SumselDirut RSUP MH dan Ketua Kadin Sumsel Dodi Reza Alex (IDN Times/Rangga Erfizal)

Direktur RSUD Rupit Muratara, Henny mengatakan, bantuan tabung oksigen sangat dibutuhkan bagi di daerah. Dengan bantuan ini, pihaknya berharap penanganan pandemik di daerah dapat mengurangi tingkat kematian di Sumsel.

"Bantuan tabung oksigen tentu sangat kami butuhkan, khususnya dalam penanganan COVID-19 di Muratara," tutup dia.

Baca Juga: Sektor Pangan Paling Berpengaruh Selama PPKM di Palembang

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya