Comscore Tracker

Kadin Sumsel Fasilitasi Pelaku UMKM Bisa Vaksinasi Gratis COVID-19

Pemulihan ekonomi sejalan dengan pemulihan kesehatan

Palembang, IDN Times - Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Sumatra Selatan (Sumsel) terus mengupayakan proses vaksinasi kepada para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Dalam ujicoba 1 juta vaksin per hari, para pelaku UMKM diorganisir di beberapa titik sentra vaksin dengan tujuan terbentuknya Herd Immunity di tengah masyarakat.

"Pemulihan perekonomian juga harus dimulai dari pelaku UMKM, oleh sebab itu bersama Kadin di seluruh Sumsel, kita fasilitasi vaksin gratis untuk semua pelaku UMKM," ungkap Ketua Kadin Sumsel, Dodi Reza Alex, Sabtu (26/6/2021).

Baca Juga: Cerita Warga Palembang Tak Lagi Waswas Bekerja Usai Disuntik Vaksin

1. Pelaku UMKM diharap lebih tangguh hadapi pandemik

Kadin Sumsel Fasilitasi Pelaku UMKM Bisa Vaksinasi Gratis COVID-19Ketua Kadin Sumsel, Dodi Reza Alex mengecek proses vaksinasi pelaku UMKM disalah satu mall di Palembang (IDN Times/Istimewa)

Menurut Dodi, mendapatkan vaksin para pelaku UMKM dapat lebih percaya diri serta tangguh dalam melawan penularan wabah COVID-19. Mulai hari ini, ada sekitar 400 dosis yang diberikan bagi pelaku UMKM dan akan terus diberikan secara bertahap.

"Prinsipnya Kadin di Sumsel akan terus bergerak memfasilitasi pelaku UMKM di Sumsel di tengah wabah COVID-19 saat ini," jelas dia.

2. Pemulihan ekonomi hanya bisa terjadi jika masyarakat sehat

Kadin Sumsel Fasilitasi Pelaku UMKM Bisa Vaksinasi Gratis COVID-19Ketua Kadin Sumsel, Dodi Reza Alex mengecek proses vaksinasi pelaku UMKM disalah satu mall di Palembang (IDN Times/Istimewa)

Menurutnya, harus ada upaya dan langkah konkret dalam menekan jumlah penularan wabah COVID-19. Selama pandemik, pelaku UMKM dirasa sangat merasakan dampak dari menurunnya daya beli masyarakat. Diharapkan dengan meluaskan proses vaksinasi, Indonesia dapat keluar dari situasi pandemik.

"Kadin Sumsel tidak hanya konsen dalam pemulihan perekonomian saja, tetapi kesehatan pelaku usaha juga menjadi prioritas, karena kita sadar untuk memulihkan perekonomian tentu masyarakatnya harus sehat," ujar Dodi.

3. Vaksinasi akan diperluas pekan depan

Kadin Sumsel Fasilitasi Pelaku UMKM Bisa Vaksinasi Gratis COVID-19Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sumsel, Lesty Nurainy menjelaskan, untuk tahapan vaksinasi uji coba 1 juta vaksin hari ini masih menyasar target sebelumnya yakni, nakes, pelayan publik, lansia dan pra lansia. Sedangkan untuk program satu juta vaksin perhari bagi masyarakat umum, baru akan dimulai Rabu 1 Juli 2021 mendatang.

"Sejauh ini cakupan vaksin di Sumsel, untuk nakes mencapai 94,23 persen, pelayan publik 82,73 persen, lansia 11,46 persen dan guru 65,40 persen," tutup dia

Baca Juga: Uji Coba 1 Juta Vaksin di Palembang Diserbu Masyarakat

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya