Jelang Lebaran, Jumlah Penumpang Bandara SMB II Naik 209 Persen 

Jam operasional bandara berubah 6-17 Mei mendatang

Palembang, IDN Times - Bandar Udara Sultan Mahmmud Badaruddin II Palembang, mencatat adanya jumlah kenaikan penumpang April 2021. Meski tidak naik secara signifikan dibanding sebelumnya, pihak SMB II mengakui sejak adanya kebijakan larangan mudik 6 Mei-17 Mei mendatang jumlah pergerakan penumpang mulai meningkat.

"Secara kasat mata kami memang ada peningkatan terutama di pintu kedatangan. Namun peningkatan itu tidak terlalu signifikan," ungkap Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara SMB II Tommy Ariesdianto, Sabtu (1/5/2021).

Baca Juga: 8,3 Ton Ikan Kakap Campuran Pempek di Palembang Mengandung Formalin

1. Jumlah penumpang tiga bulan terakhir alami peningkatan di April

Jelang Lebaran, Jumlah Penumpang Bandara SMB II Naik 209 Persen Suasana Bandar Udara Sultan Mahmud Baddarudin II Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Tommy menjelaskan, dari data yang dicatat sejak pandemik COVID-19 terjadi jumlah penumpang yang datang dan pergi melalui pintu SMB II mengalami penurunan. Pada Februari 2020 saat keadaan normal tercatat jumlah penumpang rata-rata harian dapat mencapai 10.428 orang, namun di Februari 2021 jumlah penumpang hanya mencapai 2.623 orang atau turun sebesar 75 persen.

Lalu pada Maret 2020, saat kasus awal COVID-19 diumumkan jumlah penumpang rata-rata harian mencapai 7.293 orang. Setahun berikutnya di Maret 2021 jumlah penumpang mencapai 3.358 orang atau turun 54 persen.

Sedangkan di April 2021 saat ada larangan mudik lebaran jumlah aktivitas penerbangan yang datang dan meninggalkan bandara SMB II Palembang mengalami peningkatan mencapai 207 persen, dimana rata-rata harian mencapai 3.446 orang dibanding April 2020 berkisar 1.121 orang. Di bulan ini juga jumlah penumpang terbanyak terjadi pada 4 April 2021 yang mencapai 5.023 orang.

"Kami pada prinsipnya tetap menjalankan instruksi pemerintah pusat sesuai ketentuan larangan mudik. Kita akan berkoordinasi dengan gugus tugas terutama di Palembang untuk mengecek penumpang yang bepergian. akan kita cek mulai tanggal 6 mengenai surat izinnya," ujar Tommy.

2. Masa larangan mudik 6-17 Mei perjalanan diperketat

Jelang Lebaran, Jumlah Penumpang Bandara SMB II Naik 209 Persen Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara SMB II Tommy Ariesdianto (IDN Times/Rangga Erfizal)

Menurutnya sejak adanya addendum surat edaran nomor 13 tahun 2021 tentang larangan mudik yang dikeluarkan Kepala Satuan Tugas Pengendalian COVID-19, Doni Monardo, maka keberangkatan akan diperketat. Penggunaan GeNose, antigen, hingga PCR hanya berlaku 1x24 jam.

"Sudah ada ketentuan yang boleh berpergian saat masa larangan mudik lebaran hanya tugas negara, dinas, diplomatik, sakit, ibu hamil. Jadi prinsipnya sesuai prokes dan pembatasan akan dilakukan. Kami bersama gugus tugas daerah akan membentuk posko pengendalian pemeriksaan di SMB II," ujar dia.

3. Akan ada perubahan jam penerbangan selama mudik lebaran

Jelang Lebaran, Jumlah Penumpang Bandara SMB II Naik 209 Persen Situasi di Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Tommy menjelaskan, selama masa pandemik masih berlangsung setiap maskapai penerbangan telah mengatur jumlah keterisian pesawat sekitar 60-70 persen. Pengaturan tersebut diserahkan ke maskapai masing-masing agar setiap penumpang aman dalam setiap berpergian.

"Maskapai tetap beroperasi saat masa larangan mudik namun kita batasi. Jika hari biasa jam 6.00 WIB sampai 20.00 WIB maka dalam perubahan jam operasional berlaku dari jam 7.00 WIB-16.00. Terlepas waktu itu jika ada ekstra flight tetap akan kita layani," tutup Tommy.

Baca Juga: 7 Fakta Sultan Mahmud Badaruddin II, Pejuang Palembang yang Dilukis

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya