Herman Deru Usul Erick Thohir di Bursa Capres-Cawapres Wakili Sumatra

RK, Ganjar, dan Anies tak masuk hitungan Herman Deru

Palembang, IDN Times - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Nasional Demokrat Nasdem Sumatra Selatan (DPW Nasdem Sumsel), Herman Deru, belum menentukan sikap bakal calon presiden yang akan diusung dalam Rakernas Nasdem pada 15-17 Juni mendatang. Namun Deru memberi sinyal jika dirinya hanya ingin calon berasal dari Pulau Sumatra.

"Saya berbicara bukan sebagai Ketua DPW Nasdem, juga bukan sebagai Gubernur Sumsel. Tetapi keinginan saya sebagai seorang pribadi ingin, minimal Wakil Presiden berasal dari Sumatra," ungkap Herman Deru kepada IDN Times, Selasa (10/5/2022).

1. Usung Erick Thohir, tapi ikuti putusan DPP Nasdem

Herman Deru Usul Erick Thohir di Bursa Capres-Cawapres Wakili SumatraGubernur Sumsel Herman Deru memantau kesiapan sekolah tatap muka di SMK N 2 Palembang (IDN Times/Dokumen Humas Prov Sumsel)

Deru menilai, perlunya wakil dari Pulau Sumatra dalam pemilihan bakal Capres maupun Wapres di Indonesia. Jika merujuk satu nama, sosok yang telah menampakkan diri untuk menjadi bakal calon adalah Erick Thohir.

Deru merasa memiliki kesamaan visi dan misi dengan putra daerah asal Lampung tersebut. Dalam beberapa kali kesempatan, Deru dan Erick Thohir cukup akrab. Deru kerap menemani Erick berkeliling Sumsel dalam agenda kerja sebagai Menteri BUMN maupun kunjungan pribadinya ke Bumi Sriwijaya.

"Aku kalau mau mengusulkan Capres cuma DPW (Ketua) jadi tidak berani," ungkap Deru.

2. Tak ada nama Ridwan Kamil atau Ganjar Pranowo

Herman Deru Usul Erick Thohir di Bursa Capres-Cawapres Wakili SumatraGubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sebelumnya ada dua bakal capres yang mulai mencari dukungan masyarakat Sumsel, yakni Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo. Herman Deru sebagai Gubernur Sumsel sempat terlibat menemani pimpinan Jabar dan Jateng tersebut untuk menyapa masyarakat.

Bahkan, Herman Deru sempat meminta langsung kepada Ridwan Kamil menjadi arsitek Masjid Raya Sriwijaya di lokasi yang baru sekaligus Pasar Modern Cinde.

Sedangkan Ganjar dalam kunjungan ke Sumsel melakukan pertemuan bersama Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama). RK dan Ganjar sama-sama memanfaatkan momentum sowan ke Sumsel untuk memperkenalkan diri.

"Kalau RK dan Ganjar saya tidak ikut-ikut, saya Wapres saja," ujar dia.

3. Nasdem Sumsel panaskan mesin untuk 2024

Herman Deru Usul Erick Thohir di Bursa Capres-Cawapres Wakili SumatraKetua Umum Partai NasDem Surya Paloh (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Nasdem meminta kepada DPW di seluruh Indonesia untuk menyiapkan tiga nama agar direkomendasikan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Nasdem di Jakarta. Ketiga nama yang diusung daerah itulah yang akan diputuskan persiapan bakal Capres-Cawapres tahun 2024 mendatang.

Sebelumnya, Nasdem Sumsel telah memanaskan mesin politiknya untuk pesta demokrasi 2024. DPW Nasdem sendiri memiliki target memenangkan Nasdem di Bumi Sriwijaya, sekaligus mengusung Ketua DPW Nasdem Sumsel Herman Deru menjadi Gubernur di periode kedua.

Nasdem Sumsel bahkan baru-baru ini telah merombak struktur kepengurusan DPW. Menurut Dery, Nasdem semakin fleksibel dalam merekrut tokoh potensial mendulang suara menjadi calon legislatif.

"Insya Allah dengan struktur kepengurusan yang kuat, Nasdem akan menang pada Pemilu 2024. Partai Nasdem akan menjadi juara," ucap Deru, (13/3/2022) lalu.

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya