Comscore Tracker

Stasiun LRT Ampera Palembang Terapkan Pembelian Tiket Non Tunai

Kartu Uang Elektronik sudah tersedia di loket Stasiun LRT

Palembang, IDN Times - Transportasi Light Rail Transit (LRT) di Palembang mulai menerapkan sistem pembayaran non tunai sejak 1 Desember 2021. Cashless itu dilakukan secara bertahap, dimulai dari Stasiun LRT Ampera.

"Hari ini kita mulai menetapkan di stasiun Ampera dulu. Sedangkan 12 stasiun lain masih bisa tunai," ujar Kepala Bagian Hubungan Masyarakat PT KAI Divisi Regional III Palembang, Aida Suryanti melaui siaran pers yang diterima IDN Times, Rabu (1/12/2021).

1. Pembayaran menggunakan KUE

Stasiun LRT Ampera Palembang Terapkan Pembelian Tiket Non TunaiCalon penumpang membersihkan tangan dengan menggunakan cairan hand sanitizer yang tersedia di Stasiun Dishub LRT Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (4/3). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Setelah sosialisasi non tunai penggunaan LRT di Palembang dilakukan, nantinya penumpang diwajibkan menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE) sebagai alat pembayaran.

"Bisa juga menggunakan LinkAja," kata dia.

Baca Juga: Wisata Sungai Sekanak Lambidaro Palembang Diresmikan Januari 2022

2. Pembayaran di luar Stasiun LRT Ampera masih tunai

Stasiun LRT Ampera Palembang Terapkan Pembelian Tiket Non Tunaiilustrasi transaksi.IDN Times/Reza Iqbal

Pemberlakukan cashless pada moda LRT di Palembang termasuk dalam percontohan pelaksanaan program non tunai, kerja sama operator LRT Sumsel bersama Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumsel (BPKARSS) dan Bank Indonesia.

Penerapan bayar tanpa uang tunai turut menggandeng sejumlah perbankan yakni BNI, Mandiri, BCA, BRI, dan Bank Sumsel Babel. Pemberlakuan secara cashless atau tap-in baru disosialisasikan di Stasiun LRT Ampera.

"Sedangkan dari stasiun di luar stasiun LRT Ampera atau yang akan turun di stasiun LRT Ampera, masih bisa tap-out menggunakan tiket manual (QR)," jelasnya.

3. Harga tiket LRT di Palembang masih Rp5-10 ribu

Stasiun LRT Ampera Palembang Terapkan Pembelian Tiket Non TunaiIlustrasi pekerja proyek LRT (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Aida melanjutkan, pembelian KUE bisa dilakukan lewat tiap bank atau loket yang terletak di stasiun-stasiun LRT. Penggunaan awal dimulai dengan aktivasi KUE di loket stasiun LRT agar terbaca pada sistem di pintu masuk terminal LRT.

Pelaksanaan program non tunai akan dievaluasi secara simultan, karena perlu waktu untuk mengajak masyarakat pengguna LRT mengubah kebiasaan dari tunai menjadi non tunai yang lebih praktis dan efektif.

"Untuk harga tiket masih sama, tarif Rp10 ribu untuk rute dari dan menuju stasiun Bandara. Sedangkan selain stasiun bandara hanya Rp5 ribu," tandas dia.

Baca Juga: Sumsel Waspada Pintu Masuk Daerah Cegah Varian Omricon

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya