Sistem dan Sarana Penunjang Solusi Penting Belajar Daring

Peningkatan fasilitas poin penting sistem online berjalan

Palembang, IDN Times - Pandemik COVID-19 terpaksa membuat industri pendidikan membatasi sistem belajar secara langsung atau tatap muka. Kondisi tersebut bahkan memengaruhi minat siswa maupun mahasiswa untuk konsisten menuntut ilmu. Sebab sebagian dari mereka menilai belajar dalam jaringan (daring) atau online tidak begitu efektif.

Menurut akademisi dan praktisi pendidikan di Palembang, Prof. Zainudin Nawawi, pendidikan dengan sistem daring masih bisa berjalan maksimal, jika institusi pembelajaran dapat memenuhi kebutuhan siswa ataupun mahasiswa mereka. Seperti memiliki sarana serta prasarana penunjang yang lengkap.

"Daring saat ini mengacu sistem e-learning. Agar dapat mengakomidir semua siswa atau mahasiswa, tentu dibutuhkan peningkatan sistem informasi dan jaringan. Kalau semua itu terpenuhi, tentu jadi solusi yang tidak perlu dikhawatirkan," ujar dosen sekaligus Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Universitas Sriwijaya (Unsri) kepada IDN Times, Kamis (17/12/2020).

1. Institusi pendidikan wajib bisa berinovasi

Sistem dan Sarana Penunjang Solusi Penting Belajar DaringIlustrasi belajar daring di tengah pandemik COVID-19 yang kian masif di Indonesia (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Ia mencontohkan, meningkatkan mutu belajar baik pelajaran umum dan sejumlah mata kuliah, dibutuhkan inovasi atau pembaruan sistem. Langkah tersebut menjadi jalan keluar dari masalah kegiatan bejalar mengajar (KBM) di tengah pandemik COVID-19.

"Seperti kalau di Unsri, untuk memprioritaskan belajar online kami melakukan pembenahan sistem. Yakni karena kegiatan kuliah e-learning, Unsri tentu butuh ruang koneksi yang besar. Solusinya kami harus meningkatkan jaringan internet, agar saat interaksi belajar tidak terkendala hambatan sinyal," kata dia.

Baca Juga: Belajar Tatap Muka Januari 2020 di Palembang Ditunda

2. Sistem jaringan yang membutuhkan biaya mahal

Sistem dan Sarana Penunjang Solusi Penting Belajar DaringIlustrasi belajar daring. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Kendati memang dalam perbaikan sistem jaringan, seperti penambahan koneksi dengan fasilitas internet berkecepatan tinggi yang memerlukan biaya besar. Namun pada akhirnya keputusan itu merupakan kunci utama keberhasilan belajar secara online.

"Meskipun butuh waktu dan juga dana yang tidak sedikit. Mulai dari bandwitch-nya, kemudian kesiapan aplikasi, koneksi jaringan internet dan sarana penunjang lain. Tetapi itu semua memang wajib jadi fokus dan perhatian utama," jelasnya.

3. Metode pengajaran merupakan inovasi dalam KBM secara daring

Sistem dan Sarana Penunjang Solusi Penting Belajar DaringIlustrasi pemberian materi secara daring (IDN Times/Istimewa)

Walau tak memungkiri dalam persiapan peningkatan koneksi dan jaringan sistem pendidikan daring cukup rumit, namun menurut Nawawi pada kenyataannya kebutuhan tersebut mampu terpenuhi. Kegiatan pembelajaran yang sebelumnya secara manual, kini menjadi lebih tersistem, terorganisir, serta terstruktur baik.

"Paling tidak ke depan sektor pendidikan harus makin gencar berinovasi dan menetapkan metode apa yang perlu dilakukan ketika harus mengajar daring, agar tidak muncul rasa bosan. Seperti bisa menggunakan tampilan gambar atau video selama 10-20 menit sekali saat pemaparan," terang dia.

Baca Juga: Jadi Sorotan, Putri Kapolda Metro Jaya Punya Harta Rp17 Miliar

4. Ciptakan interaksi belajar daring dengan materi yang tidak monoton

Sistem dan Sarana Penunjang Solusi Penting Belajar DaringIlustrasi belajar online di aula kelurahan Jati Rahayu, Pondok Gede, Bekasi (IDN Times/Dini suciatiningrum)

Sistem pembelajaran yang kian terorganisir bisa menciptakan interaksi dua arah lebih hidup atau tidak monoton.

"Belajar kita terjalin interaksi dan tidak itu-itu saja, membuat bosan dan mengantuk, pembelajaran antara dosen atau dengan mahasiswa atau pelajar bisa dipastikan tepat sasaran," tandas dia.

Baca Juga: Mahasiswa di Palembang Curi Emas Ibunya untuk Belanja Sang Pacar 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya