Pengamanan Nataru, Bandara SMB II Palembang Dirikan Posko Terpadu

Prediksi ada peningkatan kedatangan H-3 sebelum 25 Desember

Palembang, IDN Times - Mendekati Natal dan Tahun Baru (nataru), PT Angkasa Pura Bandara SMB II Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) membuka beberapa posko pelayanan terpadu, untuk memberi fasilitas informasi bagi masyarakat.

"Posko ini sebagai pusat informasi dan lokasi tempat pengecekan kesehatan, terkait pengguna jasa yang ada di Bandara SMB II. Kami juga sudah melaksanakan beberapa kegiatan, dengan melakukan rapat bersama komunitas untuk mendirikan posko terpadu," ujar General Manager (GM) Bandara SMB II Palembang, Fahroji.

1. Posko terpadu aktif pada 19 Desember 2019 - 6 Januari 2020

Pengamanan Nataru, Bandara SMB II Palembang Dirikan Posko TerpaduSituasi di Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Istimewa)

Fahroji mengungkapkan, pusat posko terpadu di Bandara SMB II Palembang akan dibentuk dan dimulai pada 19 Desember 2019 hingga tanggal 6 Januari 2020, dengan melibatkan TNI, Polri, Basarnas dan seluruh komunitas Air Land yang ada di Bandara SMB II Palembang.

"Jelang nataru (natal dan tahun baru), kami memprediksi ada peningkatan kedatangan di H-3 sebelum tanggal 25 Desember 2019,  atau sekitar tanggal 22 Desember 2019, dan untuk keberangkatan kita prediksi di H+5 tahun baru 2020. Peningkatannya hanya 3%," ungkap dia.

2. Pengamanan Bandara SMB II menggunakan sistem SCP

Pengamanan Nataru, Bandara SMB II Palembang Dirikan Posko TerpaduSituasi di Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Istimewa)

Fahroji menjelastkan, untuk sistem pengamanan di Bandara SMB II Palembang ini sendiri  pihaknya telah menyiapkan Security Check Point (SCP) 1 dan SCP 2.

"Kami juga melakukan pengamanan di area sekitar bandara dan area masuk di jalan Bandara SMB II Palembang. Selama ini kami sudah melakukan random check dengan menggunakan anjing pelacak yang bekerja sama dengan TNI-Polri, kemudian ada dari BNN juga," jelas dia.

3. Basarnas turut mengamankan persiapan nataru 2019-2020

Pengamanan Nataru, Bandara SMB II Palembang Dirikan Posko TerpaduSituasi di Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sementara, Badan SAR Nasional (Basarnas) Sumsel juga sudah menyiapkan persiapan nataru 2019 dengan membentuk tim siaga, dan beberapa personel yang bakal ditempatkan di posko terpadu Bandara SMB II Palembang.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya sudah kami siapkan, bergabung bersama stakeholder lain ikut dalam pengamanan nataru. Basarnas sendiri terlibat dalam hal pengamanan keselamatan penerbangan," jelas Kepala Basarnas Palembang, Berty DY Kowaas, melalui Humas Rio Taufan.

Baca Juga: Safari Natal, Polri, Panglima TNI Dan Kemdagri Pastikan Keamanan Natal

4. Basarnas siapkan empat posko tepadu pada sejumlah titik di Palembang

Pengamanan Nataru, Bandara SMB II Palembang Dirikan Posko TerpaduSituasi di Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Istimewa)

Taufan menuturkan, dalam menangani keselamatan masyarakat dan mengantisipasi kenyamanan para wisatawan yang masuk ke Kota Palembang, pihaknya juga tidak hanya menyiagakan di posko terpadu Bandara SMB II Palembang.

"Ada titik-titik posko siaga selain di Bandara SMB II, seperti di posko Pelabuhan TAA (Tanjung Api-Api), posko Pelabuhan Boombaru dan juga kami akan siaga mobile di wilayah Kota Palembang," tandas dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini
http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya